Dibalap realme C2, Apakah Redmi 7 Sanggup Bertahan?

2,102

Teknobos – Xiaomi populer karena berhasil menyediakan ponsel pintar Android dengan harga terjangkau dan mumpuni di kelasnya. Setelah sekian lama berkeliaran di Tanah Air, ternyata kini kedudukannya mulai terusik dengan kompetitor-kompetitor baru. Realme salah satunya.

Vendor asal Tiongkok ini belum setahun berdiri di Indonesia. Namun kehadirannya sudah cukup mengusik pangsa pasar Xiaomi, yang berfokus ke kelas menengah ke bawah. Seperti setelah meluncurkan Redmi 7 ke pasar Indonesia, tidak beberapa lama realme hadirkan pembaruan lini ponsel paling terjangkaunya yakni realme C2.

Kedua ponsel tersebut menjadi rival yang sepadan karena memiliki spesifikasi yang bisa dikatakan 11-12. Bahkan, jika berbicara mengenai “harga jual” realme C2 dijual dengan harga lebih murah sekitar Rp200 ribu.

Lalu apakah Redmi 7 bisa mempertahankan posisinya sebagai ponsel unggulan di kelas ini? Atau malah kebalap dengan realme, si pemain baru yang mulai naik daun? Berikut ulasannya.

Xiaomi Redmi 7 vs Realme C2

Tampilan luar

Mari mulai dengan membandingkan tampak luar kedua ponsel pintar tersebut. Di sini paling terlihat jelas perbedaan keduanya. Urusan desain yang memang tergantung preferensi ini memang tidak bisa mutlak siapa pemenangnya. Tapi jika dilihat dari kegunaan, kami akan memilih realme C2 ketimbang Redmi 7.

Mengapa? Adalah bodi realme C2 lebih tahan akan noda sidik jari ketimbang rivalnya itu. Sebabnya ada di permukaan doff , sedangkan permukaan mengilap licin Redmi 7 merupakan magnet yang sangat baik untuk tempat menempelkan sidik jari. Namun kedua hal tersebut mungkin menjadi tak berarti jika menggunakan aksesori casing.

Di sisi lain, realme C2 tampil beda. Selain dengan permukaan doff, bodi belakangnya juga berhias dengan motif garis-garis atau yang mereka klaim sebagai diamond cut design. Layaknya potongan berlian, motif garis-garis timbul ini memberikan efek kilau yang cukup saat terkena sorotan sinar.

Bicara dimensi, keduanya mirip-mirip. Bicara bobot, realme C2 lebih ringan sedikit dari Redmi 7. Untuk kualitas pembuatan, keduanya sudah bisa memberikannya di tingkat yang baik, tidak terasa murah meski menggunakan material plastik.

Performa

Dapur pacu, realme C2 dan Redmi 7 menggunakan chipset yang berbeda. Realme C2 menggunakan MediaTek Helio P22 sedangkan Redmi 7 menggunakan Qualcomm Snapdragon 632. Untuk urusan ini, kami harus mengangkat topi kepada Redmi 7. Sebab performa secara keseluruhan chipset yang diusungnya terasa lebih mumpuni dalam melahap berbagai aktivitas yang dilemparkan padanya.

Tapi bukan berarti realme C2 jelek. Helio P22 juga masih mampu berikan performa baik. Apalagi jika urusan grafis, chipset yang satu ini sedikit lebih di atas Snapdragon Redmi 7. Ditambah jika berbicara mengenai efisiensi daya. Karena fabrikasinya sudah 12nm, maka Helio P22 lebih hemat daya ketimbang Snapdragon 632 yang masih 14nm.

Kamera

Masuk ke point yang biasanya menjadi pertimbangan utama dalam menilai kualitas ponsel, apakah layak dibeli atau tidak. Kedua ponsel yang dibandingkan ini dapat disimpulkan memiliki kapabilitas baik di kelasnya. Keduanya sama-sama mengusung kamera dual dengan resolusi 13MP+2MP di realme C2 dan 12MP+2MP di Redmi 7.

Dengan konfigurasi seperti itu maka dapat dengan mudah untuk menghasilkan foto efek bokeh atau blur di bagian latar. Saat diadu, realme C2 terbukti memiliki performa yang lebih baik dalam menentukan bidang area blur dan berikan foto yang lebih rapih ketimbang Redmi 7. Tapi jika urusan pemotretan dalam gelap, Redmi 7 sedikit lebih unggul.

Untuk urusan kamera depan, realme C2 dipasangkan kamera yang hanya beresolusi 5MP, sedangkan Redmi 7 sebesar 8MP. Bicara hasilnya? Keduanya cukup baik dalam memberikan foto selfie yang mampu meningkatkan kemolekan wajah.

Satu hal yang menjadikan kamera utama realme C2 unggul adalah di bisang perekaman video. Ponsel ini menjadi salah satu atau bahkan satu-satunya ponsel di kelas pemula yang menyediakan fitur perekaman video gerak lambat atau biasa dikenal dengan Slo-mo. Dengan catatan hasil baru akan bagus jika perekaman dilakukan di lingkungan bercahaya cukup.

Baterai

Urusan baterai bisa dikatakan seimbang. Realme C2 dibekali baterai berkapasitas 4.000mAh, begitu pula dengan Redmi 7 yang diberikan kapasitas sama. Keduanya juga msih mengandalkan lubang pengecasan berjenis microUSB. Jenis yang masih sangat populer di Indonesia, meski beberapa vendor sudah mulai melirik penggunaaan lubang USB Type C.

Kesimpulan

Dari beberapa point perbandingan di atas, terlihat bahwa realme C2 mampu berikan performa dan fitur yang lebih baik ketimbang Redmi 7. Dari segi harga ponsel ini juga dijual dengan tingkat yang relatif lebih murah. Keputusan tinggal di tangan calon pengguna, apakah berani untuk mencoba si brand baru yang naik daun atau rela menggunakan ponsel dengan sedikit lebih mahal namun dari brand yang sudah familiar.