Rahasia Mengatasi Bluescreen Dengan Mudah

Para pengguna windows pasti pernah merasa panik saat tiba-tiba layar menjadi biru, untuk mengatasi bluescreen ini ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Biasanya bluescreen ini terjadi karena adanya hardware atau software yang crash sehingga kesalahan fatal tersebut membuat system harus restart dengan sendirinya.

Dampak buruk yang bisa saja terjadi adalah hilangnya file yang mungkin sedang kamu kerjakan. Karena biasanya bluescreen ini terjadi secara mendadak dan kamu tidak sempat untuk menyimpannya. Masalah bluescreen ini berbeda dengan hang, bila PC hang kamu masih bisa merestartnya dengan cara biasa.

Yang dilakukan windows saat tiba-tiba terjadi bluescreen adalah menampilkan informasi tentang masalah crash yang terjadi melalui minidump dan menyimpannya dalam hardisk. Melalui hal ini kamu dapat lebih mudah dalam memperbaiki penyebab terjadinya bluescreen.

Cara mengatasi bluescreen

mengatasi bluescreen - Tips Komputer

  1. Bukalah system security>system
  2. Klik change steeing pada bagian computer name, domain dan juga workgroup settings.
  3. Pilih tab advanced>setting yang berada di startup and recovery
  4. Hilangkan tanda centang yang ada di automatically restart.

Bila belum berhasil, kamu bisa mencoba cara lainnya.

  1. System Restore –bila bluescreen ini baru saja terjadi, kamu bisa menggunakan system restore untuk mengembalikannya ke keadaan sebelumnya. Apabila cara ini berhasil, mungkin yang terjadi adalah karena adanya kesalahan pada softwarenya.
  2. Scan Malware –jika ada malware yang masuk ke dalam windows dan mengakibatkan ketidakstabilan system, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan melakukan tindakan scan antivirus untuk mendeteksi malware.
  3. Install Update Driver –crash bisa pula terjadi karena kesalahan dalam menginstal driver ataupun tidak diupdate. Solusinya kamu bisa mendownload driver terbaru dari perusahaan hardware yang digunakan.
  4. Boot ke Safe Mode –masuklah ke safe mode dan dengan itu kamu bisa menguninstall driver yang tidak sempurna terpasang dan menyebabkan bluescreen.
  5. Periksa Masalah Hardware –caranya mudah, yaitu dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu. Bluescreen ternyata dapat juga terjadi saat komputer kamu terlalu panas dan harus menggunakan fan sebagai penolongnya.
  6. Install Ulang Windows –solusi paling manjr dan menjadi pilihan terakhir saat kamu sudah tidak bisa lagi menghandlenya adalah dengan menginstal ulang. Apabila bluescreen tetap terjadi, mungkin yang bermasalah adalah bagian hardwarenya.

Berbagai macam solusi mengatasi bluescreen di atas semoga dapat membantumu dalam mengatasi keadaan bluescreen yang bisa mengacaukan pekerjaanmu. Jika hal ini terjadi, segeralah mengatasinya agar tidak semakin parah.

Baca juga tips komputer lainnya.