Teknobos
Tech in Touch

Qualcomm dan LG Garap Snapdragon 845 Untuk LG G7

Dilaporkan Qualcomm telah mulai bekerja sama dengan LG dalam mengembangkan chipset generasi berikutnya yakni Snapdragon 845. kabar tersebut datang dari The Investor yang dilansir Androidauthority, dikatakan chipset generasi terbaru itu akan ditempatkan di LG G7.

Pekerjaan dalam mengembangkan chipset ini, diperkirakan sudah mulai dikerjakan sejak awal bulan ini. Kabarnya chipset generasi terbaru ini, berbasis 7 teknologi nanometer. Teknologi tersebut dikatakan mampu memberikan daya lebih tinggi, dibanding chipset high end terbaru milik Qualcomm yakni Snapdragon 835.

Belum lama Qualcomm mengeluarkan chipset Snapdragon 835, sebagai pendamping smartphone kelas atas. Rupanya perusahaan teknologi tersebut tengah menggarap Snapdragon 845. Kali ini mereka bekerja sama dengan LG, untuk mengembangkan chipset generasi terbaru tersebut.

LG dan Qualcomm Tengah Garap Snapdragon 845

Qualcomm dan LG Garap Snapdragon 845 Untuk LG G7 1
source: androidauthority

Sumber yang sama juga telah melaporkan, mengenai potensi yang akan dimiliki Samsung Galaxy S9. Diperkirakan smartphone tersebut akan muncul pada tahun 2018, dan akan menampung chipset Snapdragon 845. Tapi kabar tersebut masih bersifat rumor, dan belum ada kejelasan tentang informasi ini.

Meskipun baru sekedar rumor, nampaknya Qualcomm benar-benar akan mengerjakan chipset generasi berikutnya. Hal tersebut dikarenakan, LG dan Samsung akan menargetkan agar chipset terbaru itu dapat digunakan di ponsel flagship mereka, yang akan hadir tahun 2018 mendatang.

Sebelumnya, LG harus menggunakan chipset yang tidak terlalu mutakhir, untuk smartphone LG G6 mereka. Dengan sangat berat hati LG harus menyematkan Snapdragon 821 ke dalam LG G6. Sementara Snapdragon 835 sudah diamankan oleh Galaxy S8 milik Samsung.

Berdasarkan pengalaman itulah, LG mengharapkan Qualcomm akan tertarik, untuk tidak memberikan chipset generasi berikutnya kepada Samsung di tahun depan.

Di sisi lain, perkembangan teknologi VR dan AR, lebih dari sekedar chipset Snapdragon 821 dan 835. Karena itu, kemungkinan jika LG dan Samsung bermaksud untuk menargetkan fungsi AR dan VR yang lebih maksimal, sudah sepatutnya mereka menggunakan chipset high end seperti Snapdragon 835.

Fungsi AR dan VR yang maksimal tentu saja dipengaruhi juga oleh chipset yang digunakan.  Karena chipset unggulan kelas atas seperti Snapdragon 835, sudah mendukung teknologi VR dan AR yang mumpuni. Jadi ada kemungkinan, dukungan teknologi VR dan AR pada Snapdragon 845 akan lebih dimaksimalkan lagi oleh Qualcomm.