Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Penyimpanan Cloud

Mungkin para pengguna belum banyak yang mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan penyimpanan cloud. Karena masih cukup banyak orang yang, lebih memilih tipe penyimpanan dalam bentuk fisik. Serta masih banyak orang yang kurang tertarik menggunakan media penyimpanan secara online tersebut.

Saat ini banyak layanan penyimpanan cloud yang bisa kita temui dan kita gunakan secara gratis. Contoh Cloud Storage yang terkenal di antaranya adalah, Google Drive, OneDrive, Dropbox, Apple iCloud, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua layanan cloud tersebut dapat kita gunakan secara gratis, tapi kapasitas ruang penyimpanan yang tersedia sangat terbatas. Namun bila kita ingin menambahkan kapasitas ruang penyimpanan pada layanan cloud itu, kita bisa membayar sesuai ketentuan yang diberikan penyedia layanan.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Penyimpanan Cloud

Kelebihan-Dan-Kekurangan-Menggunakan-Penyimpanan-Cloud
source: mobigesture

Cloud Storage atau penyimpanan cloud adalah suatu media penyimpanan data secara online, yang nantinya data-data tersebut akan disimpan ke dalam sebuah server di internet. Karena datanya ada di internet, kita bisa dengan mudah mengakses data tersebut, tanpa harus membawa-bawa perangkat penyimpanan datanya.

Pada dasarnya layanan penyimpanan cloud ingin menawarkan kemudahan kepada pengguna, dalam menyimpan data-data penting mereka. Tapi tidak selamanya suatu teknologi memiliki sisi positif, pastinya juga terdapat sisi negatif pada teknologi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas beberapa kelebihan dan kekurangan mengguanakan layanan cloud, satu persatu.

Kelebihan Penyimpanan Cloud

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Penyimpanan Cloud
source: sistec

File Tidak Akan Hilang Atau Rusak

Bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Karena kualitas serta keadaan file tersebut, akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak

Kelebihan dari layanan cloud storage adalah, media penyimpanannya tidak mudah rusak. Karena penyedia layanan akan menjaga server mereka dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Jika memang terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah menyiapkan back-up data, yang disimpan di dalam server tersebut.

Bisa Diakses Melalui Perangkat Apapun

Keunggulan lainnya bila kita menggunakan media penyimpanan berbasis cloud adalah, kita bisa mengakses data-datanya melalui perangkat apa saja. Meskipun itu dari smartphone ataupun komputer, kita tetap bisa mengakses file-file tersebut, selama kita terhubung dengan internet.

Kekurangan Penyimpanan Cloud

menggunakan penyimpanan cloud
source: sceptreservices

Membutuhkan Akses Internet

Kekurangan layanan cloud diantaranya adalah, kita membutuhkan akses internet untuk mengakses data-data yang disimpan di cloud. Terlebih lagi untuk mengunggah file berukuran besar, tentu saja membutuhkan jaringan internet yang kencang dan stabil. Jika tidak didukung dengan jaringan internet yang bagus, maka kita akan kesulitan menyimpan file ke dalam layanan cloud.

Rentan Terhadap Peretasan

Hal yang paling ditakutkan oleh pengguna layanan cloud adalah, terjadinya peretasan dan pembobolan terhadap layanan tersebut. Karena peretasan seperti itu, dapat menimbulkan pembajakan terhadap file-file dan data yang kita simpan di layanan cloud.

Terikat Dengan Ketentuan Penyedia Layanan

Kekurangan layanan cloud lainnya yakni, pengguna harus mengikuti ketentuan yang sudah dibuat oleh penyedia jasa. Jadi kita tidak bisa sembarangan menyimpan data ke dalam media penyimpanan cloud. Karena bila kita tidak mengikuti ketentuan penyedia layanan, bisa saja mereka menghentikan layanan cloudnya untuk kita.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan penyimpanan cloud, yang dapat menjadi perbandingan kita semua. Sehingga kita bisa lebih memahami, apakah layanan cloud cukup aman atau tidak bagi data yang kita simpan.

Bila di antara kamu masih ada yang belum mengetahui tentang cloud storage, kamu bisa membaca artikel mengenal media penyimpanan cloud, agar bisa menambah wawasan kamu.