Teknobos
Tech in Touch

Heboh! Beberapa Perusahaan Besar Tarik Iklan Dari Youtube

Beberapa perusahaan besar tarik iklan dari YouTube, hal ini tentu dapat menurunkan pendapatan situs milik Google tersebut. Perusahaan besar asal Amerika yakni AT & T telah mencabut iklan mereka pada situs streaming video itu. Selain ini perusahaan besar lainnya seperti Royal Mail, Dominos, Hyundai Kia, BBC, Audi, Mark and Spencer, L’Oreal juga menghentikan penayangan iklan mereka di YouTube.

Hal ini dilakukan oleh para perusahaan itu, karena terkait dengan adanya pemberitaan pada surat kabar London News. Surat kabar tersebut mengatakan iklan beberapa perusahaan besar, ditayangkan pada konten video di YouTube, yang merupakam milik kelompok ekstrimis dan terorisme.

Sehingga tidak ada salahnya jika perusahaan-perusaan besar itu menarik penayangan iklan mereka dari YouTube. Karena mereka khawatir, perusahaan mereka dituding berperan sebagai sponsor dari kelompok-kelompok ekstrimis tersebut. Jika itu terjadi, maka akan merusak citra perusahaan di mata masyarakat.

Beberapa Perusahaan Besar Tarik Iklan Dari Youtube

perusahaan besar tarik iklan dari youtube
source: klick

Juru bicara AT & T menuturkan, “Kami sangat prihatin dengan iklan kami yang muncul bersama konten-konten yang mempromosikan terorisme di YouTube”.

Menanggapi pernyataan salah satu perusahaan besar di Amerika tersebut. Google mengatakan akan meninjau ulang kebijakan perusahaan terkait iklan, da juga lebih memperkuat penegakan hukum.

Juru bicara Google menyampaikan, bahwa mereka belum bisa mengomentari lebih jauh soal permasalahan tersebut. Tapi seperti yang mereka umumkan sebelumnya, perusahaan sudah meninjau ulang kebijakan iklan dan kontrol terhadap iklan yang muncul.

Akibat dari adanya masalah ini, banyak perusahaan yang belum mau beriklan lagi pada YouTube, sebelum adanya kejelasan terkait hal tersebut.

Hal ini juga membuat para YouTuber jadi kesulitan untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube. Karena para YouTuber tersebut mendapatkan penghasilan dari adsense, atau iklan yang muncul pada video yang mereka unggah ke YouTube. Terlebih lagi bagi para pembuat video YouTube yang masih baru, mereka sangat bergantung pada penghasilan dari adsense mereka.

Berbeda dengan pembuat video YouTube yang sudah memiliki nama besar, rata-rata dari mereka sudah memiliki penghasilan dari vendor. Dimana para YouTuber itu, mempromosikan produk-produk dari vendor tersebut.