Peretasan Situs Telkomsel, Membuktikan Adanya Celah Keamanan

Peretasan situs Telkomsel pada pagi ini, membuktikan adanya celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Seharunya provider selular sekelas Telkomsel, dapat memberikan pengamanan yang lebih baik terhadap situsnya.

Pagi ini Jumat 28 April 2017, terjadi peretasan terhadap situs penyedia jaringan selular di Indonesia yakni Telkomsel. Peretas berhasil mengambil alih situs tersebut, dan menampilkan pesan yang kurang sopan, di halaman depan situs milik provider yang identik dengan warna merah ini.

Peretasan Situs Telkomsel, Ada Celah Pada Sistem Keamanan?

Peretasan Situs Telkomsel Membuktikan Adanya Celah Keamanan
source: telset

Pratama Pershada selaku pakar keamanan IT CISSRec, beranggapan peretasan pada situs Telkomsel masih dalam skala rendah. Peretas hanya merubah tampilan depan situs saja, mungkin hanya ingin menunjukan eksistensinya kepada publik.

“Semoga saja hanya deface, peretas ini sepertinya ingin menunjukan keberadaannya. Jika memang peretasan ini merupakan hal serius, kemungkinan dilakukan oleh negara-negara tertentu. Kalau seperti itu, makan mereka akan masuk ke dalam sistem, serta mencuri data-data yang ada di dalamnya.”

Pratama Pershada – Pakar keamanan IT CISSRec

Pratama menambahkan, bila hal itu sampai terjadi, ada kemungkinan mereka akan menanamkan pintu belakang pada sistem. Sehingga di kemudian hari mereka dapat masuk kembali ke dalam sistem, tanpa sepengetahuan pihak keamanan situs Telkomsel.

Terjadinya insiden ini, membuktikan adanya celah pada keamanan sistem dari situs milik provider terbesar di Indonesia tersebut. Untuk itulah, tim admin IT harus rajin memantau log file yang ada di dalam sistem pada situs tersebut. Hal ini bertujuan untuk dapat menghindari terjadinya insiden serupa di kemudian hari.

Bila kali ini yang dilakukan oleh peretas hanya sebatas deface, bukan tidak mungkin mereka akan masuk ke dalam sistem dan mencuri data. Sudah sepatutnya perusahaan besar sekelas Telkomsel, lebih memperhatikan tentang keamanan pada situs mereka. Agar pembajakan situs Telkomsel semacam ini, tidak dapat terulang kembali di kemudian hari.