Perbedaan WiFi Dan Hotspot Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Bagi pengguna smartphone pastinya sudah tidak asing lagi dengan WiFi dan Hotpsot, karena sehari-hari sering kita gunakan untuk mendapatkan akses internet. Tapi apakah kamu tahu perbedaan WiFi dan Hotspot?, meskipun berbeda keduanya tidak dapat dipisahkan. Kebanyakan orang mungkin hanya tahu memakai keduanya, tanpa tahu pengertian dan perbedaan antara keduanya.

Saat ini banyak sekali jaringan WiFi terbuka yang bisa kita akses secara gratis, baik itu di taman, hotel, gedung perkantoran, sekolah dan rumah sakit. Kesemua fasilitas WiFi tersebut tentunya didukung dengan adanya pemancar Hotspot di semua tempat itu. Sehingga pengguna dapat mengakses jaringan internet, tanpa menggunakan kabel sama sekali.

Perbedaan WiFi Dan Hotspot

WiFi dan Hotspot adalah satu kesatuan, tapi keduanya adalah dua hal yang sangat berbeda. Sebab fungsi dan kegunaanya juga berbeda, masing-masing dari fitur tersebut memiliki peranan tersendiri. Terkadang para pengguna internet menganggap keduanya merupakan hal yang sama, untuk meluruskan hal ini TeknoBos akan menjelaskan seputar perbedaan antara keduanya:

1.WiFi adalah gelombang yang dipancarkan

wifi-perbedaan-wifi-dan-hotspot

WiFi atau Wireless Fidelity merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer. Dengan menggunakan gelombang WiFi memungkinkan pengguna untuk mentransfer atau bertukar data, antara satu perangkat elektronik dengan perangkat lainnya.

Pertukaran data antara perangkat itu dapat dilakukan, selama perangkat tersebut berada di wilayah yang masih tercover oleh gelombang WiFi tersebut. Sementara untuk mengunakan WiFi sendiri membutuhkan sebuah titik akses, atau pemancar yang disebut Hotpsot.

2.Hotspot adalah pemancar gelombangnya

hotspot-perbedaan-wifi-dan-hotspot

Hotspot adalah suatu istilah untuk sebuah area dimana user dapat mengakses jaringan internet, menggunakan perangkat elektronik yang memiliki fitur penerimaan WiFi sehingga user dapat mengakses internet secara nirkabel. Sehingga tanpa adanya Hotspot, maka gelombang WiFi tidak akan bisa dipancarkan ke perangkat lain.

Pada ponsel smartphone saat ini sudah memiliki fitur yang bisa difungsikan sebagai Portable Hotspot, sehingga pengguna dapat memberikan akses internet ke perangkat lain menggunakan WiFi. Tapi untuk menjaga kemanan konkesi internet tesebut, kamu harus menggunakan password agar orang lain tidak mudah mengakses jaringan internet kamu.

jenis-jaringan-internet
Baca juga:
Hari Gini Belum Tau Jenis Jaringan Internet, Yuk Pelajari Lebih Lanjut

Itulah perbedaan WiFi dan Hotspot yang mungkin belum kamu ketahui. Atau mungkin bagi pengguna smartphone dan komputer yang masih bingung, dengan perbedaan antara keduanya bisa menjadi bahan pencerahan.