Hari Gini Engga Tau Perbedaan RAM Dan ROM? Berikut Penjelasanya

Perkembangan teknologi seperti sekarang ini, kita harus benar-benar memahami banyak istilah dan pengertian komponen supaya tidak terlalu ketinggalan jaman. Banyak orang yang salah mengartikan tentang perbedaan RAM dan ROM, sehingga menduga apabila kedua perangkat tersebut sama saja.

Alat alternatif penyimpanan data yaitu ROM dan RAM termaksud ke dalam kategori memori, pemahaman memori adalah perangkat keras (Hardware) untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diperoses. Biasanya memori tersebut terdapat di dalam komputer dan smartphone, itulah kenapa perangkat ini tidak bisa dipisahkan.

Perbedaan RAM dan ROM

Masuk ke dalam topik pembicaraan, terdapat berbagai jenis ragam dan rupa tentang pengertian ROM serta RAM. Memang benar adanya apabila komponen tersebut memiliki nama yang hampir mirip dan fungsi yang serupa.

Meskipun banyak kesimpulan dari berbagai sumber terpecaya, namun Inilah penjelasan simpel mengenai kedua perangkat komponen tersebut yang masih menjadi perdebatan banyak kalangan.

Penjelasan RAM

RAM adalah kepanjangan dari Random Acces Memory, komponen ini merupakan satuan memori yang begitu sangat diperlukan pada perangkat seperti macamnya komputer dan Handphone. RAM itu sendiri yaitu memori yang bertugas menyimpan program sementara secara real-time.

penjelasan-ROM-dan-RAM

Kesimpulan : RAM tidak dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan data seperti foto, video, atau dokumen penting lainnya.

Penjelasan ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory, perangkat tersebut berupa chip memori yang hanya dapat dibaca oleh komputer. ROM tidak dapat disandingkan dengan persamaan RAM meskipun fungsi dan gunanya sama persis yaitu dapat mengakses secara random (acak).

Komponen ROM tidak dapat diganti atau dibongkar seperti RAM, pada umunya ROM digunakan sebagai penyimpan firmware yang berhubungan dengan hardware.

Perbedaan-ROM-RAM

Kesimpulan : ROM tidak dapat difungsikan oleh perangkat lain kecuali komputer, namun di dalam smartphone pun terdapat ROM tetapi berbeda artian.

Itulalah perbedaan RAM dan ROM yang benar-benar harus kalian ketahui supaya tidak salah mengartikan, semoga saja artikel semacam ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu kalian terutama bagi pengguna atau pengoprek komputer.

penjelasan-Ram-dan-fungsi-Ram
Baca juga:
Apa itu RAM? Ini Penjelasan dan Jenis RAM pada Komputer