Windows 10: Perbedaan NTFS dan FAT32

1,080

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ketika kamu ingin mengutak-atik file pada Windows, pastikan kamu mengetahui perbedaan NTFS dan FAT32. Keduanya merupakan jenis tipe file yang masuk dalam tipe file Windows 10. Tipe file tersebut biasanya akan terlihat ketika kamu melakukan format pada disk, baik disk lokal maupun disk lainnya.

Perbedaan NTFS dan FAT32 - Tips

Perbedaan NTFS dan FAT32

1: FAT32

FAT32 merupakan sebuah sistem yang diperkenalkan pertama kali tahun 1996. Nah, sistem yang lama ini ternyata menjadikan standard sebuah file system. Sama seperti hal penting lainnya, file ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya adalah meliputi akses yang baik pada komputer lama maupun modern. Maksudnya adalah, jika flashdisk kamu diformat menggunakan format FAT32, maka flashdisk kamu akan bisa digunakan pada komputer versi lama maupun versi yang paling terupdate saat ini. Dengan sistem ini, mungkin kamu akan merasakan banyak keuntungan karena aksesnya yang fleksibel.

Kekurangannya adalah meliputi keterbatasan kapasitas. Drive dengan format FAT32 tidak bisa melebihi 4GB. Karena jika melebihi, maka kemungkinan disk tidak bekerja. hal ini masuk akal mengingat FAT32 sudah sangat lama. Keterbatasannya juga termasuk pada penggunaan. FAT32hanya bisa dipakai untuk drive eksternal saja.

2: NTFS

Hal-hal mengenai NTFS juga menjadi kunci perbedaan NTFS dan FAT 32. Berbeda dengan sistem file sebelumnya, sistem file mampu menjadi sistem modern ketika kamu install Windows 10. NTFS juga tergolong baru karena baru muncul ketika ada Windows XP.

Yang membedakannya lagi adalah mengenai kapasitas. Jika FAT32 dibatasi, maka NTFS bisa dikatakan tidak memiliki batasan. Bahkan sistem ini diketahui merupakan sistem yang belum tertandingi.

Terlebih, sistem ini mempunyai fungsi yang sangat banyak meliputi dukungan untuk enkripsi dan hardlink.

Kelemahan NTFS adalah bahwa ia tidak kompatibel dengan sistem operasi lainnya, contohnya adalah Mac OS X. Pada sistem operasi ini, NTFS hanya bisa dibaca saja.

Kamu mungkin membutuhkan salah satunya dengan faktor tertentu, contohnya untuk drive sekunder. Dengan informasi perbedaan NTFS dan FAT32 di atas, kamu bisa menentukan jenis file yang akan digunakan.

Baca juga mengenai artikel tips komputer lainnya.