Perbedaan HTTP dan HTTPS Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

Kian berkembangnnya dunia internet saat ini, membuat para pengembang website berloma-lomba menghadirkan situs terbaik demi menarik banyak peminat. Biasanya, dalam sebuah website kita pernah melihat url yang berbeda, nah ternyata antara http dan https berbeda.

Setelah dianalisa, perbedaan http dan https sangat begitu jauh meskipun memiliki huruf yang sama dan hanya berbeda di belakangnya saja. Bagi kalian yang memang benar-benar belum mengetahui dari maksud kedua url tersebut, lebih baik terus membaca artikel ini hingga akhir.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Kesalahan terbesar sebagian orang yaitu hanya menuliskan alamat url saja tanpa memerhatikan situs tersebut menggunakan http atau https, padahal hal kecil ini menentukan kualitas suatu website yang baik dan berkualitas.

Penjelasan HTTP

HTTP adalah kepanjanagan dari Hypertext Transfer Protocol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Nah, yang menjadi klien tersebut adalah web browser atau perangkat lainnya yang mampu mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

perbedaan-https-dan-http

Client akan mengirimkan request ke server yang memiliki host HTML lalu kemudian menjawabnya dengan respon juga berisi konten berupa file HTML.

Penjelasan HTTPS

HTTPS singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure dan merupakan versi secure yang lebih aman dari HTTP itu sendiri. HTTPS dikembangkan oleh Netscape Communications pada tahun 1993, kemudian diterapkan dengan SSL(Secure Socket Layer) daan mengalami pembaruan menjadi TSL(Transpor Layer Security).

perbedaan-http-dan-https

Biasannya HTTPS digunakan untuk internet banking, traksasi pembayaran, halaman login dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulan Dari Perbedaan HTTP dan HTTPS

Dari kesimpulan yang dapat kita pelajari di atas, ternyata sangat berbeda sekali pengaruh yang dihasilkan meskipun memiliki nama yang hampir persis.

perbedaan-HTTP-dengan-HTTPS

HTTP :

  • Tidak menjamin keamanan data
  • Menggunakan port 80
  • Tidak membutuhkan SSL (Secure Socket Layer)

HTTPS :

  • Sangat menjamin keamanan
  • Memakai port 443
  • Sangat Membutuhkan SSL (Secure Socket Layer)

Bagaimana menurut kalian mengenai perbedaan HTTP dan HTTPs, semoga saja lebih dapat memahami istilah seperti itu serta mampu menambah wawasan. Bila kita bandingan, ternyata sebuah website yang memiliki url HTTPS lebih aman dan terjaga.

jenis-jaringan-internet
Baca juga:
Hari Gini Belum Tau Jenis Jaringan Internet, Yuk Pelajari Lebih Lanjut