Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset pada Android

Bagi kamu pengguna ponsel, kamu perlu mengetahui perbedaan hard reset dan factory reset. Keduanya merupakan reset mode yang bisa kamu gunakan untuk bermacam-macam keperluan. Salah satunya adalah untuk mengembalikan kondisi ponsel menjadi kondisi seperti awal mula atau kondisi pabrikan.

Istilah hard reset dan factory reset merupakan dua istilah yang sering digunakan untuk melakukan tipe reset yang sesuai. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai dua istilah di atas, kamu bisa mencari tahu lewat perbedaannya berikut ini.

Perbedaan Hard Reset dan Factory Reset pada Android - Tips

Perbedaan hard reset dan factory reset: Pengertian

Dari segi pengertian saja, keduanya mempunyai perbedaan. Meski tidak mencolok, ada perbedaan mendasar.

Factory reset merupakan metode untuk mengembalikan kondisi ponsel pada settingan pabrikan atau ketika belum diubah pengaturannya. Hal tersebut bisa kamu lihat dari namanya yang berarti pabrik(factory).

Kemudian untuk hard reset yaitu metode yang hampir sama dengan metode sebelumnya, hanya saja memiliki cara yang berbeda. Dalam kalimat yang lebih sederhana, proses hard reset merupakan proses factory reset untuk fungsi dan permasalahan yang lebih serius.

Orang-orang yang tidak bisa melakukan factory reset pada ponsel karena kasus seperti lupa password biasanya akan melakukannya dengan hard reset.

Metode

Perbedaan hard reset dan factory reset juga bisa dilihat dari metodenya. Perbedaan melalui metode menjadi perbedaan paling mencolok diantara keduanya.

Factory reset bisa dilakukan melalui menu Setting yang terdapat pada ponsel. Cara ini sangat mudah karena kamu hanya perlu melakukan konfirmasi untuk melakukan penghapusan data.

Sedangkan untuk hard reset, biasanya dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol. Biasanya tombol volume up dan down serta tombol kunci menjadi jalan untuk bisa melakukan hard reset.

Kegunaan

Keduanya memiliki kesamaan kegunaan, yaitu mengembalikan kondisi ponsel. Namun ada pembeda yang cukup bisa dipahami. Perbedaannya yaitu bahwa hard reset mempunyai fungsi untuk mengembalikan password jika proses factory terhambat ketika pengguna lupa kata sandi tersebut.

Jika kamu memutuskan untuk melakukan salah satunya karena kebutuhan, pastikan kamu back up data terlebih dahulu. Dengan informasi perbedaan hard reset dan factory reset diatas, kini kamu bisa memutuskan untuk melakukan salah satunya sesuai kondisi.

Baca juga artikel terkait tips android lainnya.