Apa Sih Bedanya Firmware Dan Software? Berikut Penjelasannya

Mungkin dari begitu banyaknya pengguna komputer di dunia sekarang ini, masih ada yang bingung dengan perbedaan firmware dan software. Memang hal tersebut sudah tidak menjadi rahasia lagi, karena cukup banyak pengguna PC yang bisa mengoperasikan komputer, tapi tidak mengetahui fungsi dari perangkat tambahan serta aksesorisnya.

Sebenarnya firmware dan software merupakan dua hal yang sangat berbeda, baik dari pengertian maupun fungsinya. Kedua hal itu juga merupakan perlengkapan yang tidak bisa dipisahkan dari perangkat komputer, karena bila diibaratkan sebuah komputer PC adalah tubuh, lalu Firmware dan Software merupakan ruh dari tubuh komputer tersebut.

Perbedaan Firmware dan Software

Para pengguna PC harus mengetahui perbedaan dari firmware dengan software, agar tidak terjadi kekeliruan ketika mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Karena operator PC harus paham dengan pengertian dan fungsi dari aksesoris penunjang sebuah perangkat komputer. Berikut perbedaan antara firmware dengan software.

1.Firmware

firmware

Firmware adalah sebuah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam di dalam unit perangkat keras seperti alat elektronik, alat telekomunikasi serta komponen komputer. Tidak ada batasan pasti yang dapat memisahkan antara firmware dan software, karena keduanya merupakan istilah deskriptif yang bisa diartikan secara luas.

Meskipun begitu pada awal penciptaan firmware berfungsi sebagai perangkat lunak, yang memiliki tingkatan lebih tinggi dibanding software. Firmware yang terdapat pada sebuah perangkat keras, bisa diubah tanpa harus mengganti komponen dari perangkat keras itu sendiri.

Sifat dari sebuah firmware secara garis besar, sebenarnya hampir sama dengan sistem operasi pada perangkat komputer. Apabila sebuah perangkat PC tidak memiliki sistem operasi, maka perangkat itu tidak akan ada fungsinya, karena tidak bisa menjalankan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Meskipun sebenarnya antara firmware dan sistem operasi juga merupakan dua hal yang berbeda.

2.Software

software

Software atau biasa disebut perangkat lunak, merupakan data yang diformat serta disimpan dalam bentuk sebuah perintah ataupun program. Seperti namanya software tentu saja berbeda dengan hardware, yang merupakan perangkat keras serta memiliki bentuk fisik. Sementara software tidak memiliki bentuk secara fisik, namun dapat berjalan pada sebuah sistem operasi komputer.

Tanpa software sebenarnya perangkat komputer masih bisa berfungsi, hanya saja fungsinya menjadi kurang optimal. Untuk itulah perangkat lunak juga perlu dipasang ke dalam sistem komputer, untuk menunjang kinerjanya agar lebih optimal. Berdasarkan cara mendapatkan serta hak pemakainnya, software sendiri memiliki tiga ketegori yaitu:

  • Shareware: Software gratis yang bisa didownload serta digunakan oleh semua pengguna. Namun penggunaan software tersebut ada batas waktunya, dan pengguna harus membeli versi berbayarnya setelah batas waktunya habis. Biasanya batas penggunaan software ini sekitar 7 hari sampai 30 hari.
  • Freeware: Software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa membayar alias gratis, dan tidak memiliki batas waktu pemakaian. Meskipun digratiskan tetap ada aturan dari pihak pengembang, yang harus diikuti oleh semua penggunanya.
  • Free dan Open Source Software: Istilah ini digunakan untuk software yang tidak berbayar atau gratis, dan pengembang software ini membebaskan orang lain untuk melihat source code dari software tersebut. Serta mempersilahkan orang lain untuk memperbaiki kelemahan dari perangkat lunak ini.
Melihat-Spesifikasi-mesin-Komputer-Laptop
Baca juga:
2 Cara Melihat Spesifikasi Komputer Dan Laptop

Itulah penjelasan seputar perbedaan frimware dan software, untuk memberikan pencerahan bagi kamu yang masih bingung dengan pengertian serta fungsi keduanya. Jadi kamu bisa lebih memahami komponen penunjang sebuah perangkat komputer, untuk lebih memperdalam lagi pengetahuanmu seputar komputer.