Ketahui Perbedaan 30fps dengan 60fps Pada Game Lebih Dalam

Mengenai Gaming

Gaming adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan walaupun akan ada pula saat-saat menyebalkan di dalam permainan itu sendiri. Dewasa ini, penggunaan sebuah perangkat teknologi modern jauh meningkat dari tahun-tahun 10 abad silam.

Dimana sekarang telah mudah ditemukan varian dari berbagai macam publisher mengeluarkan game buatannya sendiri ataupun orang lain.

Dengan melihat sebuah perkembangan didunia teknologi, sering kita jumpai kemudahan dalam memainkan games hanya dengan sebuah telepon genggam ataupun komputer jinjing (laptop).

Banyaknya game yang tersebar luas di permukaan sistem operasi sebuah handphone maupun pc secara gratis, membuat semua orang telah begitu mudah untuk mendapatkan ribuan game.

Perbedaan 30fps VS 60fps

Seiring berjalannya waktu, sebuah pertanyaan muncul seperti: Tahukah Anda sebuah angka yg diikuti dengan akhiran fps dan hal teknis lainnya yang perlu Anda ketahui?

Tahukah Anda apa itu Vsync, Shadowing, Anti Aliasing, Video High mid low Quality, fps dan beberapa istilah lainnya dalam urusan gaming?

Mari kita simak ulasan mengenai fps pada game yang sering Anda mainkan.

FPS Adalah

Apa itu FPS? Sebuah istilah teknis yang wajib Anda ketahui dalam memperhatikan kinerja hardware dan hal dari kinerja itu sendiri.

FPS adalah singkatan dari Frame Per Second, sebuah tangkapan frame yang di dapat setiap detiknya (perDetik). Istilah tersebut juga dipakai dalam urusan multimedia seputar video, karna game adalah sebuah perkembangan dari kanal Video yang dikembangkan sejak tahun 80an.

Singkatnya, seringkali Anda melihat dalam sebuah pengaturan game dengan grafis terbaik atau HD. Beberapa dari kebanyakan game memberikan pilihan untuk Anda menyesuaikan sebuah fps dalam game tersebut, walau modern ini hal tersebut telah di set otomatis menyesuaikan pada kartu grafis perangkat Anda.

 

30fps-60fps
foto by: geeksare

Pengaturan fps juga tidak selalu ada pada semua game yang bertebaran dimana-mana, terkadang hanya di informasikan melalui cover ataupun deskripsi mengenai game itu sendiri di sebuah web atau media cetak.

Beberapa game di era 2000an ini, pasalanya sudah cukup mumpuni sebuah komputer dengan vga standar untuk memainkan game dengam konsumsi 30fps. Namun beberapa perangkat saat ini telah mengalami banyak kemajuan dari segi akselerasi sebuah vga untuk menghasilkan game-game yang super kencang dan smooth ketika dimainkan.

Jadi, semakin besar fps yang didapat, maka semakin kencang atau semakin baik grafis yang dihasilkan.

Kesimpulan

Dari pengertian sebuah perbedaan 30fps dan 60fps adalah hanya pada seberapa banyak sebuah kartu grafis mengkonsumsi frame setiap satu detiknya?

Andaikan Anda ingin menikmati game dengan settingan kental pada sebuah grafis untuk game kesayangan Anda dengan 60 frame per second, Anda juga harus bijak melihat spesifikasi perangkat keras dari platform yang Anda gunakan saat ini.