Perbandingan Membuat Blog Di WordPress dan Blogspot

Dalam dunia blogging kita mengenal dua penyedia layanan membuat blog, yaitu WordPress dan Blogspot atau Blogger. Kedua layanan situs penyedia layanan blogging tersebut memang menjadi pilihan bagi orang-orang yang baru mulai terjun ke dunia blogging. Karena cara ini terbilang cukup mudah, bagi para blogger pemula yang ingin mempelajari dunia blogging lebih dalam.

Membuat blog pada WordPress ataupun Blogspot pada dasarnya sama saja, karena keduanya menyediakan layanan membuat blog. Layanan yang mereka tawarkan secara keseluruhan memang agak berbeda, tapi secara fungsional tidak jauh berbeda. Karena, baik itu WordPress maupun Blogspot, sama-sama bisa digunakan untuk melakukan aktifitas blogging.

Perbandingan Antara WordPress dan Blogspot

perbandingan WordPress dan Blogspot

Sebenarnya bagi para blogger pemula, mereka lebih banyak mendengar kata blogspot dibanding WordPress. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Blogspot merupakan salah satu layanan milik Google. Nama Google itulah yang membuat Blogspot lebih dikenal, dan sekarang Blogspot sendiri dikenal dengan nama Blogger.

Sementara, WordPress merupakan layanan yang disediakan oleh mereka sendiri, yang dapat memfasilitasi para blogger. Sehingga mereka dapat menuangkan ide-ide mereka ke dalam sebuah tulisan artikel, dan membagikannya ke sesama blogger.

Dilihat dari fungsinya, WordPress dan Blogspot memang memiliki kesamaan, untuk menjadi wadah blogging bagi para blogger. Selain itu, aktifitas blogging tidak sekedar untuk menyalurkan hobi menulis saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang jajan tambahan. Tentu saja dengan cara mendaftarkan situs atau blog kita, ke layanan penyedia iklan seperti Google Adsense.

Apabila situs atau blog kita sudah didaftarkan ke Google Adsense, maka Google akan menempatkan banner iklan pada situs kita. Nantinya jika ada pengunjung yang mengklik banner iklan tersebut, maka pemilik situs akan mendapatkan uang dari situ.

Perbedaan WordPress dan Blogspot

WordPress dan Blogspot sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan, dari tampilan maupun cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut perbedaan WordPress dan Blogspot.

WordPress

Perbedaan WordPress dan Blogspot wordpress

WordPress adalah layanan blogging gratis, yang cukup populer sejak beberapa tahun lalu. Untuk membuat bog di WordPress terbilang cukup mudah, kita hanya perlu mendaftar dan membuat akun WordPress. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan blog sesuai keinginan kita.

Layanan ini terbagi menjadi dua bagian yakni WordPress.com untuk yang versi instan, dan WordPress.org untuk versi self-hosted. Dengan kata lain, WordPress.com memungkinkan kita membuat blog secara instan, tanpa perlu mendaftar hosting sendiri. Sementara bila menggunakan WordPress.org, kita harus menginstal dan mendaftarkan hosting sendiri.

Blogspot atau Blogger

Perbedaan WordPress dan Blogspot blogger

Blogspot atau yang saat ini dikenal dengan Blogger, adalah layanan blogging gratis yang disediakan oleh Google. Dengan Blogspot, kita bisa membuat sebuah situs atau blog dengan instan dan pastinya gratis. Pada dasarnya Blogspot tidak berbeda jauh dengan WordPress.com, hanya saja Blogspot membebaskan kita untuk mengatur tampilan blog.

Berbeda dengan WordPress.com gratis, yang tidak mengizinkan kita untuk melakukan pengaturan sendiri pada source code blog tersebut. Tapi bagi blogger pemula dan belum mengerti seputar bahasa HTML, memang lebih mudah menggunakan WordPress.com

Itulah perbedaan antara WordPress dan Blogspot, sebagai penyedia layanan blogging yang sangat terkenal saat ini. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, antara WordPress dan Blogspot tidak memilik perbedaan dalam segi fungsinya.

Tapi dari segi fleksibilitas, tentu Blogpsot lebih fleksibel dibanding WordPress. Karena dengan Blogspot, kita bisa mengoprek source code blog kita sendiri, tanpa memerlukan akun premium. Sementara WordPress mengharuskan kita menggunakan akun premium, untuk dapat mengoprek source code blog atau situs milik kita.

Bila kamu tertarik membuat blog sendiri, jangan lupa baca artikel cara membuat blog di Blogspot. Jika kamu lebih senang menggunakan WordPress, maka kamu bisa baca artikel cara membuat blog di WordPress.