Smartphone Mudah Panas? Berikut 5 Penyebab Utamanya

Smartphone saat ini memiliki fungsi multiguna, sebab itulah ponsel pintar sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Hadrinya Hp canggih, dapat membantu aktifitas di dalam kehidupan sehari-hari seperti berbelanja online, berkomunikasi dan lain-lain.

Sebagaian orang mungkin belum tau bagaimana cara merawat smartphone, serta masih asal dalam penggunaanya. Nah, apa kalian tau? pengggunaan ponsel yang berlebihan dapat menyebabkanya mudah sekali panas dan eror.

Penyebab Smartphone Panas

Sebenarnya terdapat berbagai macam masalah dan faktor yang menjadi penyebab smartphone cepat panas, namun inilah 5 penyebab paling utama kenapa handphone gampang sekali panas dan pastinya dapat menurunkan performa mesin.

1. Banyaknya Aplikasi Tidak Penting

penyebab-smartphone-panas

Terlalu over dalam mengistal aplikasi juga dapat menjadi penyebab smartphone panas, pasalnya hal semacam ini sangat berpengaruh terhadap performa. Ada baiknya matikan aplikasi atau program yang tidak terpakai jika tidak ingin mesin ponsel kalian bekerja lebih keras.

2. Mesin Bekerja Secara Berlebihan

penyebab-smartphone-panas

Penyebab smartphone cepat panas yang kedua yaitu memaksakan mesin bekerja secara berlebihan, tentu saja hal semacam ini dapat mempengaruhi performa smartphone. Biasanya itu disebabkan dari banyaknya menginstal aplikasi dan game tanpa menentukan dengan spesifikasi ponsel.

3. Adanya Masalah Pada Baterai

penyebab-smartphone-panas

Adanya masalah atau kendala pada baterai smartphone menjadikan ponsel mudah sekali panas, biasanya hal tersebut terjadi jika baterai sudah mengalami kembung, bocor atau rusak. Solusi satu satunya adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru dan tidak lagi menggunkan baterai yang sudah tidak layak.

4. Tidak Mengistirahatkan Hp

penyebab-smartphone-panas

Kebiasan buruk ini dapat menjadi penyebab smartphone cepat panas, pasalnya Hp akan terus bekerja apabila tidak kalian istirahatkan. Nah salah satu cara untuk menghindari kebiasan buruk ini yaitu dengan mematikan smartphone ketika ingin tidur atau menyalakan mode airplane.

5. Terdapat Malware

penyebab-smartphone-panas

Malware merupakan sebuah virus yang sangat ditakuti oleh semua perangkat, entah itu smartphone, komputer, laptop dan sebagainya. Virus yang terdapat biasanya dapat menjalankan aplikasi tidak penting sehingga smartphone mudah sekali panas, hal yang harus dilakukan adalah dengan men-scan menggunakan antivirus.

Itulah penyebab smartphone gampang panas, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam penggunaan handphone. Selain penyebab hp panas ternyata juga terdapat penyebab smartphone cepat rusak, nah maka dari itu gunakanlah tips supaya smartphone tidak mudah panas.