Hati-hati!! Inilah 5 Penyebab Smartphone Mudah Meledak

Smartphone saat ini telah menjadi kebutuhan pokok, hal tersebut ditandai dari penggunaan ponsel pintar yang kian melambung pesat. Adanya handphone canggih kini dapat membantu aktifitas dikehidupan sehari-hari, itulah kenapa Hp sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan.

Banyaknya beredar ponsel dengan spesifikasi mumpuni, kalian akan secara mudah menjalankan berbagai jenis aplikasi dan program. Namun apa kalian tau, apabila menggunakan smartphone secara asal dapat menimbulkan masalah yang cukup fatal seperti misalnya meledak.

Penyebab Smartphone Meledak

Sebenarnya, terdapat berbagai jenis masalah yang menjadi penyebab smartphone meledak. Namun, berikut ini adalah 5 kelakuan pengguna ponsel paling beresiko dan mengacu pada meledaknya handphone.

1. Men-charger Smartphone Secara Over

penyebab-smartphone-meledak

Mengecas secara berlebihan termaksud kedalam penyebab smartphone meledak, hal semacam ini dikarenakan baterai akan mengisi melebihi kapasitas standard yang tertera. Apabila kebiasan ini terus berlanjut, maka baterai mengalami kembung secara perlahan tanpa kita sadari dan secara otomatis mudah meledak. Lebih baik, lakukan lah aktifitas pengisian daya sewajarnya saja.

2. Memainkan Hp Saat Proses Pengisian Daya Baterai

penyebab-smartphone-meledak

Tidak jauh berbeda dengan mengisi daya terlalu over, ternyata memainkan ponsel saat sedang terjadi proses pengisian juga salah satu penyebab smartphone meledak. Hal seperti ini ditimbulkan bukan lain dan bukan tidak, yaitu akibat panasnya Hp yang berlebihan saat memainkan ponsel ketika mencharger.

3. Tidak Menggunakan Charger Ori

penyebab-smartphone-meledak

Perusahaan smartphone, biasanya selalu mematenkan besar volt dan ampere dari casan ori untuk setiap jenis ponsel pintar buatannya. Pasalnya, vendor memperhatikan keperluan ketika mengisi daya supaya tidak mengalami eror dan kejadian fatal lainya. Maka dari itu, hindari charger palsu meskipun memiliki harga miring.

4. Memakai Baterai Berkualitas KW

penyebab-smartphone-meledak

Penyebab smartphone meledak yang keempat yakni menggunakan baterai berkualitas kw atau tiruan, meskipun terjangkau dan tidak terlalu berdampak buruk namun dapat menjadi pemicu meledaknya ponsel. Hindarilah barang-barang tiruan, hal ini demi menjaga keselamat kalian dan keawetan smartphone.

5. Terus Memaksakan Baterai Yang Rusak

penyebab-smartphone-meledak

Nah penyebab smartphone mudah meledak yang terakhir yaitu terus memaksakan baterai yang sudah tidak layak fisiknya untuk digunakan. Meski tidak berdampak buruk, namun lambat laun akan mennjadi masalah terutama meledaknya ponsel. Lebih baik mengganti baterai yang memang sudah tidak layak dengan baterai baru yang original.

Bagaimana menurut kalian mengenai pembahasan diatas, semoga seja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam merawat handphone pintar. Selain itu, ternyata juga terdapat kesalahan pengguna smartphone dan penyebab smartphone mudah panas yang mungkin belum kamu ketahui.