Teknobos
Tech in Touch

Smartphone Lelet? Kenali 8 Penyebab Ini

Smartphone saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok, pasalnya Hp pintar mampu membantu di dalam aktifitas sehari-hari. Fungsi handphone canggih yang serba multiguna, membuatnya tidak bisa lepas dari genggaman tangan meskipun hanya satu jam saja.

Kini telah banyak beredar smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni, hal semacam itu semata-mata dilakukan untuk menunjang kebutuhan para konsumen. Namun apa kalian tau? sehebat apapun spesifikasi yang diunggulkan, jika kita tidak menyesuaikan dengan kebutuhan maka menyebabkan smartphone lelet.

Penyebab Smartphone Lelet

Sebenarnya terdapat berbagai jenis penyebab mulai dari layar sentuh cepat rusak hingga smartphone lelet, namun inilah 8 kebiasaan pengguna yang berakibat fatal dan paling sering dilakukan serta terabaikan. Hal-hal tersebut meliputi:

1. Terlalu Over Saat Menginstal Aplikasi

penyebab-smartphone-lelet

Penyebab smartphone lelet yang pertama yaitu terlalu banyaknya menginstal aplikasi, jika sudah begini ada baiknya hapus aplikasi yang tidak penting. Sebelum menghapus aplikasi atau suatu perogram, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu fungsi dari aplikasi tersebut agar tidak mengalami error.

2. File Sampah Menumpuk

penyebab-smartphone-lelet

Tidak jauh berbeda dengan terlalu banyaknya menginstal aplikasi, ternyata file sampah yang menumpuk juga mengakibatkan smartphone menjadi lemot. Pasalnya jika kita tidak rajin dalam membersihkan sampah-sampah diponsel, maka akan menimbulkan penumpukan file yang saling tindih-menindih.

4. Banyaknya Virus

penyebab-android-lemot

Virus juga merupakan salah satu dari sekian banyaknya penyebab Hp menjadi lemot, tidak hanya membuat lelet ternyata juga dapat menimbulkan smartphone rusak. Virus dapat menyerang ponsel apabila kalian terlalu sering menginstal aplikasi ditempat-tempat ilegal dan mendownload file sembarangan.

5. Menginstal Lebih Dari 1 Antivirus

penyebab-android-lelet

Walaupun antivirus memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi smartphone dari ancaman berbahaya, namun apabila kalian menginstal lebih dari satu antivirus maka menyebabkan sang Hp menjadi lelet. Menurut logika, ponsel akan bekerja lebih keras jika memiliki dua antivirus.

6. File Cache Menumpuk

penyebab-hp-lelet

Penyebab smartphone lelet yang ke enam yaitu terlalu banyaknya file cache menumpuk, perlu diketahui bahwa file chace itu berbeda dengan file pada umumnya. File chace adalah file temporer yang digunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi atau program tersebut berjalan.

7. Banyaknya TAB dan Aplikasi di Layar Utama

penyebab-smartphone-lelet

Banyaknya aplikasi yang menumpuk dibackgroud juga menjadi faktor utama smartphone lelet, karena Hp akan bekerja lebih berat apabila kita hidupkan. Selain itu terlalu banyak membuka tab juga berakibat fatal. maka lebih rajinlah untuk membersihkan ponsel.

8. Memori Internal Penuh

penyebab-smartphone-android-lelet

Tidak hanya penumpukan file dan sampah, memori internal yang penuh juga menimbulkan smartphone lemot, usahakan untuk menyimpan file-file penting di SD-card. Apabila tidak memiliki ruang penyimpanan lain, maka gunakanlah aplikasi atau perogram seperlunya saja supaya memori internal tidak penuh.

Itulah 8 penyebab smartphone menjadi lelet dan lemot, semoga saja dengan adanya artikel semacam ini kalian akan lebih bijak dalam menggunakan ponsel. Apabila tidak ingin susah-susah menghapus aplikasi atau program satu persatu, lebih baik gunakan aplikasi cleaner pembersih sampah dan virus.