Teknobos
Tech in Touch

Smartphone Sering Hang? Kenali 5 Penyebab Ini

Smartphone kini menjadi kebutuhan pokok di dalam kehidupan sehari-hari, itulah kenapa ponsel pintar sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Fungsi handphone yang multiguna, membuat aktifitas semakin mudah dan praktis.

Meskipun saat ini Hp telah dilengkapi banyak fitur canggih dan spesifikasi mumpuni pada setiap kelasnya. Namun apabila asal dalam menggunakan dapat menjadikannya lelet, bahkan yang lebih parahnya lagi adalah menjadi penyebab smartphone hang.

Penyebab Smartphone Hang

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mengoptimalkan ponsel cerdas, seperti salah satunya rajin membersihkan chace. Dari banyaknya penyebab smartphone hang, inilah 5 hal paling utama yang menurunkan performa kinerja mesin.

1. Banyaknya Aplikasi Tidak Penting

Terlalu over mengistal aplikasi di dalam smartpone juga menjadi penyebab smartphone hang, terutama jika kalian sembarangan instal program tanpa melihat kesanggupan spesifikasi Hp. Jika sudah begini, gunakanlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan kalian.

penyebab-smartphone-hang

Perlu diingatkan sekali lagi, menonaktiftakan aplikasi atau program tidak sembarangan. Kenali terlebih dahulu program yang kalian akan hapus, hal semacam ini semata-mata untuk menghindari terjadinya eror atau berhentinya sistem.

2. Terjadi Penumpukan Sampah dan Cache

Penyebab smartphone hang yang kedua, yakni terjadinya penumpukan file sampah dan cache pada ruang penyimpanan memori internal. Meski tidak berpengaruh sama sekali, tetapi apabila lambat laun dibiarkan saja maka performa mesin akan menurun.

penyebab-smartphone-hang

Solusi utama demi membersihkan smartphone dari banyaknya sampah, yaitu dengan menghapusnya secara manual atau kalian bisa mendowload aplikasi clean android terbaik.

3. Adanya Virus Berbahaya

Nah adanya virus berbahaya juga termaksud salah satu penyebab smartphone hang, pasalnya virus dapat menginfeksi ponsel tanpa sepengetahuan kalian. Ada baiknya, gunakanlah aplikasi antivirus terbaik yang sudah banyak beredar di Google Play Store.

penyebab-smartphone-hang

Biasanya virus menginfeksi smartphone dari banyak cara seperti ketika kalian asal menyambungkan Hp dengan komputer, mengunduh file dari sumber tidak jelas, mendownload aplikasi sembarangan, dan masih banyak penyebab lainnya.

4. Membuka Terlalu Banyak Tab

penyebab-smartphone-hang

Banyaknya membuka tab menjadi penyebab smartphone cepat hang, hal semcam ini dikarenakan aplikasi atau program yang kalian buka mengalami penumpukan. Lebih baik membuka tab seperlunya saja supaya mesin smartphone tidak bekerja secara berlebihan.

5. Tidak Melakukan Update Aplikasi

penyebab-smartphone-hang

Tidak selalu mengupdate aplikasi dan program pada smartphone juga menyebabkan smartphone lelet, hal tersebut dikarenakan akan banyak aplikasi yang tidak support dengan kualitas ponsel kalian. Maka, lakukan update program secara rutin agar aplikasi mampu mendukung dengan Hp.

Itulah penyebab smartphone cepat hang yang mungkin belum kalian ketahui, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian lebih bijak lagi dalam merawat handphone. Selain hang, kalian juga harus mengenali penyebab smartphone cepat panas dan penyebab smartphone cepat rusak.