5 Penyebab Sensor Sidik Jari Cepat Rusak Pada Smartphone

Smartphone masa kini telah mengalami berbagai macam evolusi, pasalnya telah banyak mendukung fitur-fitur unggulan yang dihadirkan. Fungsi ponsel pintar yang multiguna, membuatnya sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan.

Apabila dahulu handphone berbentuk besar dan hanya dapat mengirim pesan teks serta menelpon, saat ini ponsel memiliki bentuk yang flagship. Uniknya lagi, smartphone canggih telah dibekali oleh sensor sidik jari yang dapat menjaga privasi kalian.

Penyebab Sensor Sidik Jari Cepat Rusak

Meskipun adanya sensor sidik jari sangat berguna dalam menjaga privasi dan keamanan kalian, namun ada baikny tetap merawatnya supaya tidak mudah rusak. Nah berikut ini adalah penyebab sensor sidik jari cepat rusak pada smartphone.

1. Menggores Sensor Sidik Jari Dengan Benda Lain

Penyebab sidik jari cepat rusak yang pertama yaitu menggoreskanya dengan benda lain, meskipun kalian tidak menggoresnya dengan sengaja namun benda lain dapat menggesekan sensor tersebut.

penyebab-sensor-sidik-jari-cepat-rusak

Seperti misalnya kamu menaruh smartphone bersamaan dengan kunci, logam dan lain-lain dikantung celana. Lebih baik, gunakan dompet khusus untuk menaruh handphone.

2. Men-Scan Jari Saat Tangan Keadaan Basah

penyebab-sensor-sidik-jari-cepat-rusak

Salah satu dari sekian banyaknya penyebab sensor sidik jari cepat rusak adalah men-scan jari ketika tangan dalam keadaan basah. Tangan yang basah kerena terkena air dapat menimbulkan sensor tidak dapat membaca jari kalian karena terhalang oleh genangan air.

3. Terlalu Over Mendaftarkan Jari

Keunikand dari sensor sidik jariyakni dapat menyimpan banyak banyak jari, entah itu jari telunjuk, kelingking, jari manis dan lain-lain. Namun apa kalian tau, jika terlalu over mendaftarkan jari juga dapat menjadi penyebab sensor sidik jari cepat rusak.

penyebab-sensor-sidik-jari-cepat-rusak

Setiap sidik jari akan disimpan ke memori ponsel kalian, padahal yang digunakan hanya beberapa jari saja. Maka supaya tidak menjadi penumpukan sidik jari, guanakan sekiranya 2 sidik jari saja,

4. Menggunakan Sensor Sidik Jari Dibawah Hujan

penyebab-sensor-sidik-jari-cepat-rusak

Tidak jauh berbeda dengan Men-scan jari dalam keadaan tangan basah, menggunkan sensor dibawah guyuran air hujan juga dapat menjdai penyebab sidik jari cepat rusak. Hal tersebut tidak hanya dapat menyebabkan sensor sidik jari error, ternyata juga dapat membuat smartphone kalian rusak.

5. Men-Scan Jari Dalam Keadaan Kotor

penyebab-sensor-sidik-jari-cepat-rusak

Nah seperti apa yang telah kita ketahui, menlakukan scan sensor sidik jari ketika tangan dalam keadaan kotor juga dapat menjadikan penyebab sensor sidik jari cepat rusak. Bukan lain dan bukan tidak, kotoran akan menghalangi jari saat ingin di-scan. Lebih baik bersihkan jari dahulu sebelum melakukan scan.

Itulah penyebab sensor sidik jari cepat rusak pada smartphone, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam merawat ponsel pintar kalian. Adapula hal-hal yang harus dihindari supaya fingerprint tetap awet.