Teknobos
Tech in Touch

5 Penyebab RAM Smartphone Cepat penuh

Ponsel pintar kini telah menjadi kebutuhan pokok, hal tersebut ditandai dari penggunaan handphone cerdas yang kian melambung pesat. Meskipun banyak perusahaan Hp yang menawarkan kualitas RAM besar, tetapi apabila terlalu banyak menginstal aplikasi akan menjadi penyebab RAM smartphone penuh.

Fungsi handphone canggih yang multiguna, membuatnya sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Nah, bagi kalian yang sering sekali mengalami penuhnya RAM pada ponsel, ada baiknya melihat penyebab-penyebabnya dibawah ini.

Penyebab RAM Smartphone Penuh

Sebenarnya terdapat berbagai jenis masalah yang menjadikan RAM smartphone penuh, namun inilah 5 penyebab paling utama.

1. Terlalu Over Menginstal Aplikasi

penyebab-ram-smartphone-penuh

Terlalu over mengistal aplikas dan program merupakan salah satu penyebab RAM smartphone penuh, pasalnya aplikasi tersebut dapat memakan ruang kosong pada RAM. Langkah satu-satunya yang harus dilakukan, yaitu menghapus program tidak penting dan menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan saja.

2. Banyaknya Program Yang Berjalan

penyebab-ram-smartphone-penuh

Tidak jauh berbeda dengan terlalu over mengistal aplikasi, ternyata banyaknya program yang berjalan juga menjadi penyebab RAM smartphone penuh. Jika sudah begini, ada baiknya menghentikan program yang tidak dibutuhkan. Perlu diingatkan sekali lagi, kenali dahulu program yang ingin dinonaktifkan supaya tidak terjadi eror.

3. Tidak Membersihkan Cache Dengan Rajin

penyebab-ram-smartphone-penuh

Penyebab RAM smartphone mudah penuh yang ketiga, yakni tidak rajin dalam membersihkan sampah seperti cache. Sebagai pengguna android yang bijak, lebih rajin-rajinlah untuk merawat ponsel, entah itu perawatan fisik atau perawatan sistem operasi.

4. Membuka Tab Berlebihan

penyebab-ram-smartphone-penuh

Membuka tab secara berlebihan termaksud ke dalam penyebab RAM mudah penuh, nah maka dari itu bersihkan tab yang sudah tidak digunakan. Rutinlah untuk selalu menutub tab yang memang sudah tidak dioperasikan, hal semacam ini dilakukan semata-mata supaya terhindar dari penumpunkan program yang memakan banyak RAM.

5. Menggunakan Banyak Widget

penyebab-ram-smartphone-penuh

Menggunakan widget secara berlebihan juga menimbulkan RAM smartphone mudah penuh, ada baiknya hindari widget yang terdapat iklan. Nah,iklan tersebut biasanya akan memperlambat kinerja smartphone kalian dan pastinya memakan banyak RAM meskipun tidak terlalu berdampak.

Itulah penyebab RAM smartphone penuh, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kamu akan lebih bijak dalam merawat ponsel. Selain itu, ternyata juga terdapat tips membershikan memory internal dan penyebab smartphone mudah panas.