Awas!! Inilah 8 Penyebab Layar Sentuh Cepat Rusak

Pada era sekarang ini handphone telah banyak mengalami evolusi, mulai dari memiliki keypad hingga berbentuk sebuah sentuhan layar. Hadirnya sentuhan layar diharapkan mampu lebih mempermudah pengguna sekaligus membuat nyaman saat digunakan.

Apa kamu tau apabila layar sentuh sangat begitu rentan terjadi kerusakan, nah maka dari itu kita harus mencegahnya sebelum terlambat. Sebenarnya, banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menjaga supaya layar sentuh tetap awet.

Penyebab Layar Sentuh Rusak

Dari banyaknya kelakuan yang menyebabkan layar sentuh cepat rusak, namun inilah kebiasaan fatal yang sering kita lakukan tanpa disadari.

1. Menekan Layar

penyebab-layar-cepat-rusak

Penyebab layar sentuh cepat rusak yang pertama yaitu menekan layar secara over, pasalnya jika kebiasan ini tidak dihindari maka layar akan mudah sekali eror. Usahakan untuk selalu menyentuh layar tanpa harus menekannya, cukup sederhana dan simpel bukan.

2. Menaruh di Kantong Celana

penyebab-layar-sentuh-cepat-rusak

Selain menekan layar, ternyata menaruh smartphone pada kantung celana juga dapat mengakibatkan sang layar itu eror. Menurut logika, secara tidak langsung layar akan bergesekan dengan kantung celana. Solusi utama yaitu dengan menaruhnya di tempat khusus seperti dompet smartphone.

3. Menyetuh Dengan Kuku

layar-sentuh-cepat-rusak

Tidak jauh berbeda seperti halnya menekan layar, ternyata menyentuh layar smartphone dengan kuku juga dapat mengakibatkan kerusakan. Ada baiknya kalian jangan memelihara kuku, apalagi mempertajam kuku kalian demi menghindari masalah saat menyentuh layar smartphone.

4. Tidak Menggunakan Flip Cover

penyebab-layar-sentuh-rusak

Flip Cover adalah pelindung layar berupa casing yang mampu menjaga sang layar terhindar dari berbagai sentuhan atau gesekan jika smartphone tidak dioperasikan. Selain untuk menjaga layar ponsel, ternyata penggunaan flip cover juga dapat mempercantik handphone pintar kalian.

5. Kontak Langsung Dengan Sinar Matahari

layar-smartphone-cepat-rusak

Penyebab layar sentuh cepat rusak kelima adalah berkontak langsung dengan cahaya sinar matahari, dengan mencegah kontak langsung dengan sinar matahari maka kualitas layar akan terjaga. Sinar matahari diperkirakan mampu mengikis layar tersebut terutama pada warna dan kontras.

6. Tidak Memasang Anti Gores

menjaga-layar-sentuh

Bagi kalian yang tidak ingin memasang flip cover karena alesan menyebabkan smartphone menjadi lebih besar, nah lebih baik memasang pelindung layar seperti anti gores demi mencegah debu atau kotoran menempel secara langsung ke layar handphone.

7. Menaruh Bersamaan Dengan Benda Lain

penyebab-handphone-cepat-rusak

Kebiasan buruk ini sangat sering sekali kita lakukan, misalkan menaruh smartphone di tas yang banyak terdapat benda-benda seperti kunci, uang logam dan lain-lain. Nah maka dari itu kalian jangan menaruhnya sembarangan apabila tidak ingin layar sentuh tergores.

8. Mendekatkan ke Barang Elektronik

penyebab-layar-hp-cepat-rusak

Hal ini jarang sekali diketahui oleh sebagain banyak orang, penyebab yang ditimbukan jika menaruh smartphone berdekatan dengan barang elektronik lainya yaitu tidak berfungsinya layar sentuh sebagaimana mestinya. Barang elektronik berupa TV, Radio dan Sound memiliki magnet yang cukup besar serta dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh kalian.

Itulah penyebab layar sentuh cepat rusak, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam memakai ponsel pintar. Selain penyebab, ternyata banyak juga beredar tips merawat layar smartphone yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah.