5 Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan

Kenapa laptop sering mati mendadak? Mengapa laptop sering mati sendiri? Pasti banyak pertanyaan semacam ini yang diajukan oleh pengguna laptop. Pada dasarnya penyebab laptop sering mati sendiri, bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti cara pemakaian, kerusakan hardware ataupun terjadi masalah pada software.

Memang agak menyebalkan bila kita sedang menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas, tapi laptop sering mati tiba-tiba. Sehingga membuat pekerjaan dan tugas kita jadi terbengkalai, dan bahkan tidak bisa diselesaikan tepat waktu. Tentu saja banyak pengguna yang bingung, sebenarnya apa penyebab laptop sering mati sendiri.

Kali ini kita akan membahas masalah laptop yang sering mati mendadak, baik itu saat main game ataupun saat mengerjakan tugas.

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf awal, penyebab laptop sering mati dan restart sendiri, bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Secara spesifik memang tidak bisa dipastikan mengapa laptop sering mati sendiri. Namun pada beberapa kasus yang sering terjadi, inilah penyebab laptop sering restart dan mati sendiri.

1. Suhu laptop terlalu panas

Suhu laptop Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
source: chip

Penyebab laptop sering mati sendiri biasanya dikarenakan suhunya yang terlalu panas. Hal ini biasa terjadi ketika kita menggunakan laptop di atas kasur, sehingga udara panas dari laptop tidak bisa dibuang dengan baik. Karena suhu yang terlalu panas itulah, laptop jadi sering mati sendiri secara tiba-tiba.

2. RAM laptop kotor atau berdebu

ram Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
source: amazonaws

RAM yang kotor atau berdebu juga bisa menjadi penyebab laptop sering mati sendiri. Karena pin kuningan pada RAM yang terbalut debu, tidak akan bisa dideteksi oleh laptop, sehingga membuat laptop tidak bisa menyala sempurna. Masalah RAM ini juga sering sekali menjadi penyebab laptop sering mati mendadak.

3. Pasta prosesor kering

prosesor Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
source: wonosobonews

Pada beberapa kasus, pasta prosesor yang kering juga menjadi penyebab laptop sering mati sendiri. Pasta prosesor sendiri berfungsi mendinginkan prosesor, jadi apabila pastanya kering, maka akan berdampak pada prosesor tersebut. Bila suhu prosesor sudah terlalu panas, maka laptop akan sering mati secara tiba-tiba.

4. Mainboarad atau motherboard bermasalah

mainboard Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
source: tokopedia

Penyebab laptop sering mati sendiri selanjutnya adalah terjadi masalah pada mainboard atau motherboard. Kerusakan yang terjadi pada mainboard biasanya karena usia pemakaian yang sudah cukup lama, atau karena terjadi korsleting pada sirtkuit di dalamnya.

5. Baterainya bermasalah

baterai Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
source: patartambunan

Hal yang paling umum terjadi dan mengakibatkan laptop sering mati sendiri adalah, baterainya sudah bocor. Masalah pada baterai laptop ini memang sering dialami pengguna, sehingga membuat laptopnya sering mati mendadak. Bila hal ini terjadi tanda-tandanya adalah, parameter baterai menunjukan baterai penuh tapi baru sebentar digunakan langsung habis.

Itulah 5 penyebab laptop sering mati sendiri secara tiba-tiba. Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, kita harus bisa mengenali penyebabnya terlebih dahulu, agar bisa menentukan solusinya.

Masalah yang sering terjadi pada laptop tidak hanya masalah hardware, tapi juga masalah software. Salah satu penyebabnya adalah, karena menggunakan windows bajakan pada laptop ataupun komputer kita.