AWAS!! Inilah 5 Penyebab Laptop Cepat Panas

Laptop merupakan sebuah evolusi dari sebuah perangkat komputer, uniknya perangkat ini dapat dibawa kemanapun dan digunakan kapanpun. Namun apabila kalian tidak menjaga dengan baik perangkat tersebut, bisa menjadi penyebab laptop panas.

Fungsi Laptop yang serba multiguna, membuatnya sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Bagi kalian yang sangat berpegang teguh dengan perangkat ini, ada baiknya memperharikan masalah-masalah yang sering dialami.

Penyebab Laptop Panas

Sebenarnya terdapat berbagai macam penyebab laptop cepat panas, namun inilah 5 faktor paling dominan yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya adalah:

1. Menggunakan Laptop Secara Over

penyebab-laptop-panas

Penyebab laptop panas yang pertama, yakni menggunakanya secara berlebihan dan tidak memberikan waktu untuk beristirahat. Hal tersebut dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, nah maka dari itu lebih baik sempatkan laptop untuk mengistirahatkan mesin.

2. Men-Charger Sambil Memainkannya

penyebab-laptop-panas

Mengecas laptop sambil memainkannya juga termaksud kedalam salah satu dari banyaknya penyebab laptop panas. Pasalnya baterai akan sangat lama mengisi apabila kalian mainkan, terutama jika menggunakannya untuk bermain game saat proses pengisian daya.

3. Kipas Tidak Berfungsi Dengan Baik

penyebab-laptop-panas

Laptop itu sendiri memiliki kipas pada bagaian dalam, fan tersebut yaitu berfungsi mengeluarkan udara panas yang terdapat didalam komponen. Apabila kipas tidak bekerja sebagai mestinya, maka dapat dipastikan itu penyebab laptop panas.

4. Memaksa Laptop Menjalankan Program Berat

penyebab-laptop-panas

Tidak jauh berbeda dengan menggunakan laptop secara berlebihan seperti, memaksakan prangkat tersebut diluar kapasitas juga dapat menjadi penyebab laptop cepat panas. Biasanya kebiasaan ini sering sekali kita lakukan, seperti misalnya memaksa laptop untuk menjalankan program berat.

5. Tidak Menggunakan Kipas Tambahan

penyebab-laptop-panas

Penyebab laptop mudah panas yang terakhir adalah tidak menggunakan kipas tambahan dibawah bagian perangkat. Sebenarnya sudah terdapat fan didalam laptop, namun agar tidak mudah panas ada baiknya menggunakan kipas tambahan.

Bagaimana menurut kalian mengenai pembahasan ini, semoga saja dengan adanya tips diatas kalian akan lebih bijak dalam menggunakan laptop. Selain itu, ternyata juga terdapat banyak cara mematikan program tidak penting di laptop dan tips mempercepat kinerja laptop.