Flashdisk Cepat Rusak? Inilah 5 Faktor Penyebabnya

Flashdisk saat ini sudah mengalami evolusi yang cukup signifikan, hal tersebut ditandai dari banyaknya kapasitas yang ditawarkan. Fungsi dari perangkat keras ini yaitu bukan lain dan bukan tidak adalah sebagai alat alternatif penyimpanan data dan file penting.

Kegunaan flashdisk yang multiguna dan dapat membantu aktifitas, membuatnya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Meskipun flashdisk sangat bermanfaat, namun ada baiknya kita harus menjaga dan merawatnya dengan benar.

Penyebab Flashdisk Rusak

Sebenarnya terdapat berbagai jenis dan ragam penyebab flashdisk rusak, namun 5 hal inilah yang paling dominan menimbulkan flashdisk cepat sekali rusak dan terserang virus. Semoga saja kalian akan lebih bijak setelah melihat deretan penyebab dibawah ini.

1. Asal Mencabut Saja Tanpa Meng-Eject

penyebab-flashdisk-rusak

Salah satu kebiasaan kita yang menyebabkan flashdisk rusak, yaitu asal mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu karena alasan terburu-buru. Hilangkan kebiasan tersebut, semata-mata supaya flashdisk tahan lama dan tidak mengalami kerusakan.

2. Tidak Mencopot Flashdisk Setelah Dipakai

penyebab-flashdisk-rusak

Penyebab flashdisk rusak yang kedua adalah tidak mencopotnya setelah digunakan, hal seperti ini menyebabkan virus mudah sekali masuk dan menginfeksi alat penyimpanan data tersebut. Tidak hanya mencopot, ternyata lupa menutup lubang flashdisk juga mengakibatkan debu menghinggap sehingga mudah berkarat.

3. Tidak Melakukan Scan Virus Secara Berkala

penyebab-flashdisk-rusak

Tidak melakukan scan virus secara berkala ternyata juga dapat menjadikan penyebab flashdisk rusak, hal teresut dikarenakan terlalu banyaknya virus atau sampah yang terdapat diruang penyimpanan flashdisk. Nah makan dari itu lakukan scan secara teratur supaya terhindar dari virus dan penumpukan file.

4. Asal Mencolokan Flashdisk ke Perangkat Lain

penyebab-flashdisk-rusak

Penyebab flasdisk cepat rusak yang ke empat adalah asal mencolokan saja ke perangkat lain seperti komputer dan laptop, padahal kita tidak pernah tau bahwa perangkat tersebut terdapat banyak virus atau tidak. Ada baiknya lakukan scan secara berkalaagar tidak terinfeksi virus berbahaya.

5. Menjalankan File Langsung Dari Flashdisk

penyebab-flashdisk-rusak

Masuk ke dalam pembahasan terakhir penyebab flashdisk rusak, yaitu menjalankan langsung file atau berkas dari flashdisk. Hal seperti ini dicontohkan seperti memutar musik, film, file dan sebagainya langsung melaui flashdiks. Nah, adabaiknya copy dahulu file yang kalian ingin buka ke perangkat lain sebelum membukanya.

Itulah penyebab flashdisk rusak yang mungkin belum kalian ketahui, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kamu akan lebih bijak dalam menjaga dan merawat flashdisk. Selain penyebab, ternaya ada pula tips merawat flashdisk dan memformat flashdisk dengan benar dan tepat.