Baterai Hp Cepat Habis? Inilah 5 Faktor Penyebabnya

Penyebab Baterai Boros – Smartphone canggih saat ini telah menjadi kebutuhan utama, hal itu dapat dibuktikan dari pengguna ponsel yang kian ramai. Handphone pintar saat ini mampu membantu aktifitas di dalam kehidupan sehari-hari, itulah penyebab kenapa ponsel tidak pernah lepas dari genggaman.

Demi mengoprasikan sebuah smartphone, pastinya kalian membutuhkan daya baterai agar dapat menggunakannya. Meskipun Hp masa kini menawarkan spesifikasi baterai yang besar, namun jika kamu terlalu over dalam penggunaan dapat menguras baterai secara cepat.

Penyebab Baterai Boros

Sebenarnya terdapat berbagi jenis kesalahan pengguna smartphone yang sering dilakukan, namun inilah kebiasan buruk yang secara tidak langsung menguras baterai. Nah, apakah kalian termaksud ciri-ciri pengguna smartphone seperti dibawah ini.

1. Banyak Menginstal Aplikasi

penyebab-baterai-boros

Penyebab baterai smartphone boros yang pertama yaitu terlalu banyaknya menginstal aplikasi, program yang selalu berjalan dapat mengakibatkan pemakaian baterai bertambah. Maka langkah utama demi mengirit baterai adalah dengan menghapus program atau aplikasi tidak penting, sebelum menghapus pastikan mengenali dahulu fungsi dari aplikasi tersebut supaya tidak mengalami error.

2. Terlalu Banyak Program Yang Berjalan

penyebab-smartphone-boros

Tidak jauh berbeda dengan penyebab baterai boros diatas, terlalu banyak program yang berjalan juga dapat mengakibatkan Konsumsi baterai bertambah. Hal itu dapat dibuktikan apabila kalian selalu menjalakan sebuah aplikasi sosial media tanpa pernah menutupnya.

3. Adanya Latar Belakang Yang Bergerak

penyebab-baterai-boros

Selain mengaktifkan screen sever saat handphone dimatikan, ternyata menggunakan backgroud atau latar belakang layar utama yang bergerak juga dapat menjadi penyebab baterai boros. Usahakan tidak menggunakan wallpaper bergerak seperti itu untuk mengirit baterai smartphone.

4. Tidak Mematikan Data Saat Ingin Tidur

penyebab-baterai-cepat-boros

Nah sifat yang semacam ini sering sekali kita lakukan, padahal apabila diteliti lagi ternyata meskipun smartphone dalam kondisi tidur namun notifikasi akan tetap masuk. Ada baiknya matikan ponsel ketika kita ingin tidur, atau jika tidak gunakanlah mode Airplane suapaya notofikasi tidak ada yang masuk.

5. Menyalakan Lampu Notifikasi

penyebab-baterai-mudah-boros

Penyebab baterai boros yang terakhir yaitu menyalakan lampu notifikasi, walaupun lampu notifikasi sangat penting untuk pemberitahuan namun dapat menguras banyak baterai. Lebih baik matikan lampu peringatan tersebut dan menggantinya dengan getar.

Itulah penyebab baterai cepat boros yang mungkin belum diketahui, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam menggunakan ponsel pintar. Selain terdapat penyebab, ternyata juga telah banyak beredar tips supaya baterai smartphone tidak cepat boros.