Apa itu RAM? Ini Penjelasan dan Jenis RAM pada Komputer

Komputer adalah sebuah alat alternatif yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Pada awalnya, kata komputer dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika tanpa alat bantu atau dengan alat bantu.

Komputer dan laptop semakin hari kian berkembang, dengan diciptakanya PC diharapkan mampu membantu menjalankan aktifitas sehari-hari. Perangkat komputer terdapat yang namanya Motherboard, dengan hadirnya mobo semua perangkat dapat terhubung dan disatukan supaya PC atau laptop dapat dioperasikan

Penjelasan RAM

RAM adalah alat yang berfungsi mempercepat pemerosesan data, semakin besar RAM yang dimiliki maka dapat dipastikan semakin cepat pula kinerja pada komputer. RAM mampu menambah dan menopang performa sebuah perangkat, pasalnya perangkat ini telah otomatis menyediakan ruang penyimpanan sementara.

Kebutuhan pada setiap era akan berbeda, maka Ram dihadirkan dengan spesifikasi yang besar untuk mendukung semua software serta aplikasi.

Bentuk Ram itu sendiri menyerupai sebuah chip atau sebuah perangkat alat elektronik, biasanya untuk memasang Ram yaitu ditancapkan kedalam slot khusus. Dahulu ukuran spesifikasi Ram sangat kecil, namun sekarang ukurannya sudah cukup berfariasi dan beragam.

fungsi-ram

Apabila pada era dahulu orang mengoprasikan komputer hanya untuk sekedar berhitung dan menulis, sekarang PC atau laptop digunakan untuk berbagai hal seperti misalnya bermain game dan menjalankan banyak program.

Jenis-jenis RAM

Terdapat berbagai jenis macam dan rupa Ram di dunia ini, namun pada perkembanganya hanya dibedakan menjadi enam golongan. Inilah jenis-jenis Ram yang harus kalian ketahui, diantaranya:

  • RAM (Dynamic RAM) adalah suatu jenis dari RAM yang secara berkala harus disegarkan  CPU (Central Processing Unit) agar data yang terkandung didalamnya tidak menghilang.
  • SDRAM adalah singkatan dari “Sychronous Dynamic Random Access Memory” jenis dari RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM, akan tetapi telah disinkronisasi oleh clock sistem dan mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM.
  • DDR RAM kependekan dari “Double Rate Random Access Memory”, DDR RAM sering disebut juga dengan DDR. Jenis memory ini adalah teknologi terusan dari SDRAM. Kelanjutan DDR berupa DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM).
  • RDRAM adalah “Rambus Dynamic Access Memory”, jenis memory yang lebih cepat dan juga lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa dipakai pada sistem yang menggunakan Pentium empat (IV).
  • SRAM dikenal juga dengan sebutan “Static Random Access Memory,” jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU supaya data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM dari jenis ini mempunyai kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan DRAM maupun SDRAM.
  • EDORAM berasal dari kata “Extended Data Out Random Access Memory”, yaitu jenis dari memori yang dipergunakan pada sistem yang telah menggunakan pentium. EDORAM dapat menyimpan serta mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan baca tulisnya menjadi lebih cepat.

Itulah penjelasan mengenai perangkat komputer RAM, semoga saja pembahasan seperti ini dapat sangat bermanfaat dan mampu menambahkan wawasan kalian untuk yang belum mengetahui kegunaan otak utama sistem pada dalam perangkat CPU komputer.