Belajar Komputer, Ini Penjelasan Harddisk yang Belum Kamu Ketahui

Komputer yaitu alat yang berfungsi sebagai alternatif berhitung dan sebagainya, dengan menggunakan perangkat PC dapat memudahkan aktifitas sehari-hari terutama demi mengakses ke dalam jaringan internet. Kian berkembanganya dunia teknologi, tentu saja banyak komponen CPU yang yang berevolusi.

Harddisk atau yang sering disebut dengan Hdd ini telah mengalami banyak perubahan yang signifikan dari jaman ke jaman, apabila dahulu perangkat ini berspesifikasi hanya 10 GB kini Harddisk mampu hadir dengan kapastitas besar hingga mencapai 2 Tera (2000 GB).

Penjelasan Harddisk

Harddisk merupakan perangkat keras(Hardware) di dalam CPU komputer atau laptop yang bekerja dan bergerak secara sistematis serta sangat berperan aktif sebagai media penyimpan data, dapat di definisikan apabila Hdd adalah sebuah komponen yang memiliki ruang yang cukup besar untuk menampung banyaknya file atau berkas.

penjelasan-dan-pengertian-harddisk

Manusia pada era sekarang ini semakin hari semakin banyak saja kebutuhan yang harus terpenuhi seperti misalnya kapasitas Harddisk, dengan ruang penyimpanan besar yang ditawarkan Hdd mampu memberikan kenyamanaa saat menyimpan berbagai banyaknya data instalasi, data system, software dan aplikasi.

  • Harddisk internal adalah perangkat penyimpanan dan pengambilan data digital dengan cepat menggunakan cakram berputar serta biasanya terdapat di dalam CPU komputer atau laptop.
  • Harddisk eksternal merupakan media penyimpanan portable yan memiliki kapasitas besar sehingga dapat digunakan kapan saja dengan hanya menghubungkan kabel USB pada PC atau laptop.

Data yang tersimpan di dalam Harddisk tidak akan pernah hilang dan bersifat permanen, kecuali jika sang User(pengguna) itu sendiri yang menghapusnya. Banyak merk dari Hdd yang telah beredar di pasar internasional, seperti Seagate, Western Digital (WD) dan Samsung yang sudah jelas memiliki kualitas baik.

Fungsi Harddisk

Dari analisa di atas, sudah dapat di pastikan apabila Harddisk yaitu sebuah perangkat keras dengan bentuk menyerupai kotak kecil yang berfungsi sebagai penyimpan data. Selain untuk penyimpanan berkas, ternyata Hdd juga mempengaruhi kualitas kinerja cepat dan lambatnya proses pembacaan sistem pada komputer atau laptop.

penjelasan-harddisk

Sekian pembahasan mengenai penjelasan harddisk beserta fungsinya, semoga saja artikel semacam ini cukup membantu dalam menambah ilmu dan wawasan kalian.

Perlu di ingatkan sekali lagi jika Harrdisk adalah bagian terpenting di dalam rangkaian komponen CPU dan tidak dapat dipisahkan, karena kalian tidak akan dapat mengoprasikan sebuah sistem tanpa adanya Harrddisk.