Pengertian VMware dan Manfaatnya

310

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bagi kamu yang sering menggunakan komputer untuk keperluan visualisasi, kamu harus paham dengan pengertian VMware. Bagi kamu yang sering membuat visualisasi, seperti visualisasi data, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan software ini. Namun, bagi kamu yang masih awam, kamu juga perlu mengetahuinya. Mungkin saja suatu saat nanti kamu akan membutuhkannya. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian software beserta manfaatnya.

pengertian vmware - tips

Pengertian VMare

VMware dikenal dengan nama Virtual Machine Ware ini merupakan software virtual machine untuk virtualisasi komputer. Perusahaan yang menciptakannya adalah VMware Inc yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Kamu akan membutuhkan software ini ketika ingin menyimulasikan networking antar komputer hingga virtualisasi PC.

Lalu, manfaatnya apa saja? Berikut ini informasinya.

Selain mempunyai manfaat seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata VMware mempunyai manfaat lain yang berguna dalam visualisasi software, sistem operasi, device dan aplikasi.

Yang paling sering menjadi tujuan utama orang menggunakan perangkat lunak ini adalah untuk mencoba aplikasi develop. Bagi app developer, tentu ini sangat penting dan bermanfaat guna menunjang performa aplikasi yang dikembangkan.

Kamu juga bisa menggunakan perangkat ini untuk mencoba sistem operasi lain dalam sistem operasi yang sedang kamu jalankan. Menarik, bukan? Kamu perlu mencobanya jika ingin menjadi seorang yang professional.

Selain mengani informasi pengertian VMware dan kegunaannya, akan dibahas juga mengenai cara kerjanya.

Cara kerja VMware

Cara kerja perangkat lunak besutan anak perusahaan Dell ini adalah dengan menyediakan layer hardware baru di komputer yang kamu pakai. Jika biasanya layer hanya ditemukan dalam program software dalam bentuk virtual, maka dalam hal ini layer adalah berbentuk hardware yang fungsinya hampir sama dengan layer biasa.

Kemudian, perangkat ini akan membuat storage yang juga berbasis virtual. Kamu tidak perlu khawatir hal ini akan mengganggu OS yang kamu jalankan. Karena ketika kamu berhasil menginstallnya, maka sistem tersebut akan bekerja secara terisolasi sehingga tidak akan mengganggu OS yang kamu gunakan.

Nah, apakah kamu merasa kamu memerlukan VMware? Jika iya, kamu bisa memahami terlebih dahulu pengertian VMware secara rinci dan mengunduhnya.

tips komputer lainnya.