Pengertian Power Supply dan Berbagai Jenis Konektor

Pada suatu perangkat CPU terdapat banyak komponen seperti misalnya Motherboard, Prosesor, Ram dan masih banyak yang lainnya. Fungsi dari semua perangkat yang terhubung yaitu bukan lain bukan tidak untuk mengoprasikan PC agar hidup dan dapat digunakan.

Dari semua komponen yang tersedia di dalam CPU, ada satu perangkat hardware elektronika yang paling berfungsi aktif untuk menyuplai arus listrik kedalam komputer yang bernama Power Supply. Adanya Power Supply, PC dapat dinyalakan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Pengertian Power Supply

Power Supply merupakan perangkat keras(Hardware) menyerupai kotak elektronika yang berisi kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat di dalam CPU, perangkat ini biasanya terdapat di dalam kesing yang membalut semua komponen komputer.

penjelasan-dan-pengertian-Power-Supply

Fungsi dari Power Supply yaitu untuk mengubah arus listrik PLN yang bersifat Alternating Current (AC) menjadi tegangan Direct Current (DC), lalu kemudian secara otomatis tegangan akan dialirkan ke komponen lainya di dalam CPU karena perangkat komputer hanya dapat bekerja dengan arus DC.

Perbedaan Power Supply :

Daya Internal adalah perangkat yang dibuat secara terintegrasi dengan Motherboard atau papan rangkaian induk.

Contoh :

  • Televisi
  • DVD Player
  • Ampilifer

Daya Eksternal merupakan suatu komponen yang dibuat dengan terpisah dari perangkat elektroniknya.

Contoh :

  • Charger Handphone
  • Charger Laptop

Jenis Konektor Power Supply

Demi menyalurkan arus listrik ke dalam komponen lain, ternyata Power Supply juga menggunakan konektor sebagai penghubungnya. Konektor yang terdapat pada catu daya berbeda-beda, itu disesuaikan dengan jenis hardware yang akan di suplai dengan aliran listrik tersebut.

  • Konektor 20 PIN dan 24 PIN ATX Motherboard : jenis konektor ini dipakai agar dapat menghubungkan Power Supply dengan Motherboard untuk mengalirkan daya kepadanya.
  • Konektor 4 PIN dan 8 PIN : jenis konektor 4 pin 12v umumnya digunakan pada komputer pentium 4. Kemudian jenis konektor 8 pin 12v dipakai untuk jenis komputer server. Fungsi konektor ini yaitu menyuplai daya secara khusus kepada processor.
  • 6 PIN AUX – Power Kabel : konektor ini dipakai untuk komponen VGA Card berjenis PCIe, karena komponen tersebut membuatuhkan daya yang lebih demi beroperasi.

jenis-jenis-konektor-Power-Supply

  • Konektor 4 PIN Peripheral : konektor ini digunakan sebagai penghubung ke komponen, seperti contohnya kipas angin, CD-ROOM, HD.
  • Floppy Disk – Power Kabel : rupa konektor ini difungsikan untuk menyuplai daya ke komponen floppy disk.
  • SATA – Power Kabel : konektor tersebut dipakai untuk menyuplai daya ke komponen-komponen yg port-nya berjenis SATA, Contohnya seperti CD-Room SATA dan Harddisk SATA.

Itulah penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis konektor di dalam sebuah perangkat keras yang bernama Power Supply, semoga pembahasan semacam ini dapat menambah wawasan serta dapat berbagai ilmu. Tentunya kalian akan banyak mengerti fungsi dari Power Supply itu sendiri sebelum menggunakanya.