Pengertian Lengkap Dan Jenis Format File Video

Jenis format file video memang cukup banyak, semua tergantung dari kebutuhannya masing-masing. Seperti format video yang digunakan pada layanan streaming YouTube ataupun layanan streaming lainnya. Selain itu, format file yang berbeda-beda juga dipengaruhi dari alat perekamnya, atau kamera yang digunakan untuk merekam video tersebut.

Format file video sendiri, adalah sebuah format file video yang membagi file dalam beberapa kategori, tergantung perangkat perekam dan pemutarnya. Yang sering kita ketahui, jenis format file untuk video antara lain seperti FLV, MP4, AVI, MKV, 3GP, DVD, serta VCD. Kesemua file tadi, belum tentu bisa diputar pada satu perangkat yang sama. Terkadang juga kita membutuhkan perangkat khusus untuk memutar format video tertentu.

Pengertian dan Jenis Format File Video

Masing-masing perangkat perekam video juga memiliki output format yang berbeda-beda, seperti kamera smartphone, Handycam, kamerea DSLR, dan kamera digital. Semua perangkat tersebut, memilki jenis format video yang berbeda-beda. Dari format video tersebut, juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, terutama dari kualitas videonya.

Semakin rendah jenis format file video, maka akan semakin buruk pula kualitas video yang dihasilkan. Beberapa waktu belakangan, banyak film-film dari hasil download yang menggunakan format MKV. Hal ini bukan tanpa alasan, format video MKV memiliki kualitas yang sangat bagus, tapi ukuran fileya dapat ditekan agar tidak terlalu besar.

Beberapa jenis format video yang sering digunakan

Pengertian Dan Jenis Format File Video
ytimg

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bahwa jenis format file video sangat beragam. Semua terantung dari perangkat perekam yang digunakan untuk merekam video tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas satu persatu jenis-jenis format video.

  • ASF (Advance Streaming Format): Format video ini sering digunakan dalam jaringan internet.
  • AVI (Audio Video Interleaved): Adalah format video yang bisa menyesuaikan format audio dengan alat yang digunakan untuk memutar video tersebut.
  • DV (Digital Video): Format video kualitas rumahan ini biasa dihasilkan dari kamera digital.
  • VCD Video: Adalah format video dalam bentuk VCD.
  • DVD Video: Adalah jenis file video dalam format DVD, format ini memiliki kualitas yang lebih baik dibanding VCD.
  • MOV: Adalah salah satu format video untuk player apple Quick time. Format file video ini biasa digunakan dalam pengiriman yang menggunakan jaringan internet.
  • MPEG 1: Jenis format video ini merupakan kelas industri video, dengan kualitas gambar setara VHS serta memiliki kualitas suara atau audio setara dengan CD.
  • MPEG 2: Format video yang memiliki kualitas suara setara dengan CD, dan memiliki kualitas gambar level siaran.
  • MPEG 4 / MP4: Format file video ini sudah lebih bagus dari MPEG 1 dan 2. Karena memiliki kualitas gambar yang jauh lebih bagus, tapi dikemas dalam ukuran file yang lebih kecil.
  • WMV (Window Media Video): Format video yang satu ini merupakan pengembangan dari format ASF. File video dalam format ini biasa digunakan untuk pengiriman dalam jaringan internet.
  • 3GPP/3GP (3rd Generation Partnership Project): Format video ini sering sekali digunakan untuk kebutuhan multi media, yang memiliki ukuran lebih kecil dan kualitas gambar dibawah MP4.

Itulah penjelasan tentang pengertian dan jenis format file video, yang digunakan untuk beberapa keperluan dan tergantung dari kebutuhannya. Masing-masing format video tadi, memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Perbedaan yang paling mencolok biasanya ada pada kualitas gambar dan suara, selain itu juga sangat berbeda dari segi ukuran.

Bagi kamu yang sedang mencari software editing video, silahkan baca artikel 5 software video editor terbaik dan ringan untuk komputer maupun laptop.