Mengenal Pengertian dan Fungsi VRAM Dengan Mudah

313

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bagi sebagian orang yang menyukai game haruslah memilki apa yang dinamakan VRAM. Fungsi VRAM? VRAM atau yang biasa disebut dengan Video Random Access Memory merupakan suatu komponen yang terdapat pada video card. Cara kerja dari VRAM ini hampir sama dengan cara kerja RAM. Namun, jika RAM digunakan untuk menyimpan data dari Central Processing Unit atau CPU, sedangkan VRAM digunakan untuk media penyimpanan Graphical Processing Unit atau GPU.

Fungsi VRAM Sebagai Penyimpanan Data

Dalam sebuah komputer, fungsi VRAM adalah sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh Graphical Processing Unit untuk merender sebuah gambar. GPU merupakan sebuah penyimpanan data yang kinerjanya lebih cepat dalam menarik data dari sebuah VRAM. Apabila ada sebuah tampilan gambar pada layar, maka gambar tersebut akan langsung terbaca oleh processor yang nantinya akan di tulis pada VRAM.

Berbeda dengan kinerja RAM pada umumnya, khusus untuk VRAM ini telah menggunakan chip dual-porting mana berguna untuk memperbarui setiap tampilan gambar pada layar yang telah terbaca oleh VRAM. Dengan sistem yang oke ini, akan dengan mudah terjadinya suatu tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

Pengertian dan Fungsi VRAM - Tips

Untuk macam VRAM sendiri, ada beberapa jenis yang sering digunakan sebagai penyimpanan data, antara lain:

  1. SGRAM atau Synchronous Graphics RAM

SGRAM merupakan suatu jenis RAM yang sudah tersinkonisasi. Itu artinya bahwa data yang ada dalam suatu sistem operasi dapat diubah sesuai urutan menulis, membaca dan memperbarui sistem operasinya.

 

  1. Window RAM

Window RAM atau WRAM ini sudah menggunakan sistem operasi dual-porting yang mana memiliki bandwith lebih banyak dari VRAM pada umumnya.

Baca juga : Cara Membersihkan RAM Laptop Dengan Mudah 

 

  1. MDRAM atau Multibank Dynamic RAM

MDRAM merupakan suatu penyimpanan data yang memiliki kinerja tinggi. Multibank Dynamic RAM biasa digunakan untuk membuat transfer memori karena kinerjanya dinilai lebih efisien. Banyak keuntungan yang akan didapat oleh pengguna jika menggunakan VRAM jenis ini. Salah satunya yaitu MDRAM memiliki jumlah memori yang cukup dalam suatu resolusi.

Itulah pengertian, jenis dan fungsi VRAM yang perlu kamu ketahui. Sebelum menentukan jenis VRAM yang akan dipakai, bukankah akan lebih baik kamu ketahui dulu setiap fungsi dan kelebihannya terlebih dahulu?

Tips dan trik komputer lainnya.