Pengertian dan Fungsi VPN Yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian dan fungsi VPN – Apa itu VPN? Mungkin bagi orang awam belum mengerti apa itu VPN, tapi bagi sebagian lainnya mungkin sudah memahami pengertian VPN beserta fungsinya. VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah koneksi besifat virtual yang ada di dalam jaringan internet publik. Koneksi internet ini bersifat private atau pribadi, karena sebenarnya jaringan internet tersebut tidak memiliki bentuk fisik dan hanya berupa jaringan virtual saja.

Bila kita menggunakan ponsel android ataupun komputer, pastinya pernah mendengar istilah VPN. Karena dengan VPN kita bisa mengakses sebuah situs tanpa ada batasan sama sekali. Sebagai contoh, bila ada sebuah situs yang tidak bisa kita akses menggunakan server Indonesia, maka kita bisa menggunakan VPN untuk mengakses situs tersebut.

Contoh yang disampaikan di atas, merupakan salah satu pengertian dan fungsi VPN itu sendiri. Selain itu VPN juga dapat merahasiakan identitas perangkat yang kita gunakan, dengan kata lain IP address perangkat yang kita gunakan tidak akan terdeteksi.

Pengertian dan Fungsi VPN

Pengertian dan Fungsi VPN Yang Harus Kamu Ketahui
source: fossbytes

Pada dasarnya ada banyak kegunaan dan fungsi VPN, yang bisa kita manfaatkan untuk mengakses situs dengan akses terbatas. Tapi yang paling sering ditemukan, pengertian dan fungsi VPN dibagi menjadi tiga fungsi, yaitu.

1. Menjaga kerahasiaan

Fungsi VPN atau Virtual Private Network adalah melakukan enkripsi semua data yang melewati koneksi tersebut. Dengan adanya sistem enkripsi data tersebut, membuat kerahasian identitas pengguna jadi lebih terjaga. Meskipun ada pihak yang menyadap perangkat komputer atau smartphone kita, dan berhasil mencuri semua data kita. Tapi data yang dicuri tidak akan mudah untuk dibuka, karena data tersebut sudah dienkripsi.

2. Otentikasi sumber

Fungsi VPN yang kedua adalah, melakukan otentikasi sumber data yang dikirimkan kepada kita. Dengan begitu, data-data yang kita terima benar-benar data yang berasal dari sumber terpercaya. Sehingga kita tidak akan mungkin menerima data yang dipalsukan, atau yang bersumber dari pihak lain.

3. Menjaga keutuhan data

Fungsi VPN lainnya adalah dapat menjaga keutuhan data yang kita terima. Karena semua data yang bersumber dari negara lain, akan melewati perjalanan yang jauh. Perjalanan yang jauh pada proses pengiriman data, pastinya akan mengurangi keutuhan data tersebut. Sementara VPN memiliki teknologi yang dapat menjaga keutuhan data yang kita terima.

Itulah pengertian dan fungsi VPN yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang lain. Yang pastinya koneksi internet private ini, dapat melindungi kerahasian identitas yang kita miliki, selama terhubung ke internet.

Bagi para pengguna smartphone, yang ingin menjaga kerahasiaan identitasnya selama mengakses internet menggunakan smartphone. Jangan ragu untuk membaca artikel 5 aplikasi VPN terbaik dan gratis untuk android.