Teknobos
Tech in Touch

Kamu Harus Tau Pengertian Cooling Fan dan Heatsink di CPU

Pada perangkat komputer terdapat yang namanya CPU, di dalam alat berbentuk kotak inilah banyak berbagai jenis macam dan rupa komponen seperti contohnya Power Supply, Prosesor, RAM, Harddisk, VGA dan lain-lain. Selain itu, ada satu perangkat elektronik yang berfungsi aktif sebagai pendingin prosesor.

Nama alat pendingin tersebut bernama Cooling Fan, Komponen yang satu ini sangat berperan penting dan sangat dibutuhkan untuk otak komputer, karena cukup mampu mempengaruhi kinerja sistem dapur pacu mesin agar berperforma dengan baik.

Pengertian Cooling Fan

Cooling Fan merupakan komponen komputer yang mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke bagian dalam mesin, bentuk dari perangkat tersebut seperti kipas pada umumnya namun begitu kecil sehingga dapat di masukan ke CPU serta menempel pada Motherboard.

pengertian-dan-penjelasan-cooling-fan

Fungsi Pokok dari kipas pendingin adalah sebagai alat penjaga prosesor agar suhu tetap setabil, namun biasanya fungsi ini terganggu karena terhalang oleh banyaknya debu yang menempel pada bagian baling-baling kipas. Semakin tebal debu yang menghinggapi, maka dapat dipastikan akan memperlambat kinerja sistem. Terdapat dua bagian Cooling Fan, yaitu Heatsink dan Fan.

Heatsink

Heatsink yaitu logam khusus yang terbuat dari aluminium dan juga tembaga yang bertugas memperluas proses transfer panas dari prosesor, komponen penyerap panas ini biasanya digunakan untuk menyerap semua udara panas yang berlebihan serta terbuat dari bahan yang mudah menetralisir suhu.

pengertian-cooling-fan-heatsink

Fungsi dari sebuah Heatsink adalah membantu kinerja pendinginan pada semua bagian yang terdapat di Motherboard terutama prosesor, semakin luas permukaan komponen tersebut maka akan semakin baik pula peroses pendinginannya.

Fan

Adanya Heatsink tentunya sudah dipastikan terdapat Fan atau yang sering biasa di sebut kipas, pasalnya dua sejoli ini sangat sehati dan saling berkolaborasi serta tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainya. Kipas pendingin tersebut terdapat dua jenis, yaitu ada Fan yang menempel di atas Heatsink, dan ada pula Fan tambahan yang hanya menyangkut di casing CPU.

pengertian-cooling-fan-kipas-pendingin

Fungsi utama kipas komputer adalah mengeluarkan dan memasukan udara segar secara berkala supaya suhu di dalam CPU dapat terjaga dengan baik. Cara Kerja dari keuda alat ini cukup mengagumkan, yaitu Heatsink akan menerima panas secara rata dari prosesor lalu dibuang dengan Fan.

Itulah pengertian Cooling Fan beserta komponennya yang sangat memiliki peran aktif di dalam sebuah rancangan kinerja mesin dapur pacu komputer, semoga pembahasan seperti di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai macam-macam alat komputer.