Lupa Tempat Parkir Kendaraan? Fitur Terbaru Google Maps Ini Solusinya

Terkadang pengendara motor atau mobil mengalami masalah yang sama, ketika memarkirkan kendaraan di lokasi parkir yang luas. Biasanya kita lupa dimana lokasi tepatnya kendaraan kita terparkir, sehingga sulit bagi kita menemukan kendaraan tersebut. Tapi dengan fitur terbaru Google Maps ini, hal semacam itu tidak akan terjadi lagi.

Aplikasi buatan Google ini kembali membuat terobosan yang inovatif, dengan memperkenalkan fitur terbaru miliknya. Fitur ini dapat membantu pengendara untuk menemukan lokasi dia memarkirkan kendaraannya. Fitur semacam ini akan sangat membantu, ketika kita memarkirkan mobil atau motor, di lokasi parkir yang luas seperti di parkiran mall.

Google Maps resmi menguji coba fitur terbaru ini dalam bentuk beta, sebelum dirilis resmi ke dalam aplikasi Maps buatan Google tersebut. Dengan bantuan aplikasi ini, kita dapat menemukan mobil atau motor kita di tempat parkir menggunakan smartphone.

Fitur Terbaru Google Maps Untuk Parkir Kendaraan

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah, hanya dengan membuka aplikasi Google Maps saat kita ingin memarkirkan kendaraan. Lalu aktifkan GPS pada smartphone kita, ketika GPS sudah aktif maka akan muncul titik biru yang menunjukan lokasi kita berada.

Kita tinggal menekan titik biru tersebut, selanjutnya akan muncul beberapa pilihan, maka kita bisa memilih opsi Save Your Parking. Kemudian kita akan diminta memasukan catatan dan juga capture foto, untuk membantu mengingat lokasi parkir kendaraan kita.

Fitur ini tidak sekedar bisa menandai lokasi parkir kendaraan kita, seperti yang dilansir dari techcrunch.com, kita juga bisa mengatur durasi waktu kita memarkirkan kendaraan. Ketika durasi waktunya sudah hampir habis, maka aplikasi akan memberikan notifikasi pada layar smartphone.

pengingat-parkir-fitur-terbaru-google-maps

Fitur yang serupa dengan aplikasi Maps milik Apple

Terobosan yang dibuat Google Maps ini memang sangat bagus, tapi jauh sebelumnya Apple sudah memiliki fitur serupa pada aplikasi Maps-nya. Sementara pada aplikasi Apple Maps, fitur pengingat lokasi parkirnya dapat bekerja secara otomatis, tanpa perlu memasukan catatan ataupun capture foto.

Meskipun begitu, sebenarnya Google sudah memiliki fitur pengingat tempat parkir menggunakan Google Now. Fitur untuk mengingat tempat parkir pada Google Now tersebut sudah hadir lebih dulu, jauh sebelum fitur terbaru Google Maps ini diperkenalkan.

Fitur parkir ini juga akan hadir di Google Maps untuk platform IOS

Fitur pengingat lokasi parkir ini sudah hadir dalam bentuk beta untuk platform Android, bagi pengguna yang ingin menjajal versi beta-nya bisa mendaftar sebagai penguji melalui Play Store. Nantinya pengguna akan mendapat pembaruan beta untuk aplikasi tersebut, dan bisa mencoba fitur baru dari Google Maps itu.

Pihak Google belum memberikan informasi, kapan fitur baru ini akan dirilis secara resmi. Tapi pihaknya memberikan sinyal, bahwa mereka akan merilisnya beberapa bulan kemudian untuk platform IOS.