Octopus Gripper, Lengan Gurita Bionic Untuk Memudahkan Aktifitas Manusia

Sebuah perusahaan robotika asal Jerman bernama Festo, menciptakan lengan gurita bionic yang diberinama Octopus Gripper. Lengan robotik ini dapat digunakan untuk membantu dan memudahkan aktifitas manusia. Lengan robot yang mendapat inspirasi dari tentakel gurita itu, bisa melakukan tugas-tugas sederhana yang kita inginkan.

Tentakel gurita robot tersebut dapat mengambil, menggenggam, serta meletakan benda-benda yang kecil dan ringan. Lengan bionic berbentuk tentakel ini gurita ini, mengadopsi cara seekor gurita dalam menggunakan tentakelnya, untuk melakukan aktifitasnya.

Lengan Gurita Bionic Octopus Gripper

Octopus Gripper Lengan Gurita Bionic

Semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, membuat beberapa perusahaan teknologi, terus berinovasi untuk dapat menciptakan teknologi yang futuristik. Seperti Festo, perusahaan robotika asal Jerman yang ingin membuat lengan robot, untuk memudahkan aktifitas sehari-hari bagi manusia.

Meskipun saat ini kemampuan robot tersebut masih cukup terbatas, tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat teknologi semacam ini, bisa membantu pekerjaan manusia yang lebih berat. Karena teknologi robotik seperti ini, bisa mengurangi tingkat kecelakaan kerja. Terutama bagi para pekerja manusia dengan resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi.

Lengan gurita bionic ini, terdiri dari silikon yang lembut, dan dapat dikendalikan secara pneumatik, dengan kata lain pengoperasiannya menggunakan tekanan udara. Saat udara dikompresi, tentakel robot itu secara otomatis akan membungkuk lalu mengambil barang yang berada tepat di hadapannya.

Apabila Gripper sudah menggenggam benda tersebut, tentakelnya akan beralih fungsi menjadi alat hisap. Kombinasi dari tekanan udara serta tentakel tersebut dapat membuat objek yang dipegang, aman dan tidak mudah terjatuh. Namun sayangnya, pihak perusahaan belum memberikan pernyataan resmi, kapan lengan robot gurita ini akan diproduksi secara masal.