Cara Mematikan Notifikasi Heads Up Pada Marshmallow

Notifikasi Heads Up yang ada pada Android Kitkat dan Lollipop memang sedikit mengganggu. Meskipun developer sengaja menghadirkan fitur tersebut, agar memudahkan pengguna untuk melihat pemberitahuan yang masuk ke dalam smartphone.

Namun sayangnya ada banyak pengguna yang justru merasa fitur ini sangatlah mengganggu. Hal tersebut dikarenakan, layar notifikasi yang terdapat pada layar ponsel, dapat menutup sebagian besar layar bagian atas. Rasa mengganggu yang ditimbulkan dari notifikasi Heads Up itu, sering sekali dirasakan oleh para pemain game android.

Ketika sedang asik bermain game android, tentu saja pengguna tidak ingin diganggu dengan berbagai macam gangguan. Baik itu panggilan telepon yang masuk, ataupun pesan SMS, Whats App, serta BBM. Hal ini akan mengganggu para pecinta game android. Karena notifikasi yang ditampilkan berukuran lebih besar, dan menutup sebagian layar hp bagian atas.

Nonaktifkan Notifikasi Heads Up di Android Marshmallow

4 Cara Mematikan Notifikasi Heads Up Pada Marshmallow
source: updato

Beberapa waktu yang lalu kita pernah membahas, cara mematikan Notifikasi Heads Up pada Android Kitkat dan Lollipop. Dengan cara memasang aplikasi HeadsOff, yang bisa kita download secara gratis dari Google Play Store. Pada Android Kitkat dan Marshmallow, notifikasi dalam bentuk Heads Up memang tidak mudah dihilangkan.

Untuk dapat mematikan atau nonaktifkan Heads Up Notifications pada Android 4.4 dan Android 5.0, memerlukan aplikasi tambahan. Tidak seperti pada Android Marshmallow, dimana kita dapat mematikan fitur notifikasi Heads Up dengan beberapa langkah mudah.

Oleh karena itulah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mematikan notifikasi Heads Up, pada Android Marshmallow tanpa aplikasi.

Nonaktifkan Heads Up Notifications Pada Android Marshmallow

  • Buka menu setting pada smartphone.
  • Selanjutnya cari menu Apps atau aplikasi.

1 Cara Mematikan Notifikasi Heads Up Pada Marshmallow

  • Langkah berikutnya cari aplikasi mana yang ingin dimatikan fitur Heads Up Notifications-nya. Pada Android 6.0.1 Marshmallow, kita tidak bisa mematikan notifikasi mengapung tersebut secara keseluruhan. (Hal ini berbeda dengan android Kitkat dan Lollipop, dimana ketika kita memasang aplikasi Heads Off, maka semua notifikasi mengambang akan dinonaktifkan).
  • Selanjutnya, ketika kita sudah menemukan aplikasi yang ingin dimatikan notifikasinya, lalu masuk ke pengaturan aplikasi tersebut.
  • Kemudian cari menu Notifications > Allow Peeking > lalu matikan fitur Peeking tersebut.

2 Cara Mematikan Notifikasi Heads Up Pada Marshmallow

  • Bila kita ingin mematikan fitur Heads Up Notifications untuk aplikasi lainnya, kita hanya perlu mengulang cara tadi pada aplikasi lainnya.

Begitulah tips smartphone cara mematikan notifikasi Heads Up pada android Marshmallow tanpa aplikasi tambahan. Dengan begitu para pengguna yang senang bermain game di smartphone bisa tetap nyaman bermain game android.