Nokia Bermitra Dengan Xiaomi, Untuk Gunakan Surge S1

Xiaomi Surge S1 – Beredar kabar yang mengatakan bahwa Nokia dan Xiaomi, telah melakukan pembicaraan beberapa waktu belakangan. Beberapa pihak sempat berspekulasi, bahwa Xiaomi ingin menggunakan paten milik Nokia. Dikabarkan, hal itu dilakukan agar Xiaomi dapat menembus pasar luar negeri seperti Amerika Serikat. Namun belum ada pernyataan resmi dari pihak Xiaomi maupun Nokia terkait hal tersebut.

Seperti beberapa waktu lalu, ada sebuah sumber yang mengatakan, bahwa Nokia dan Xiaomi telah menandatangani sebuah kemitraan. Namun perincian dari kerja sama yang mereka jalin, baru akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan.

Kabar baiknya adalah, kita tidak perlu menunggu lama, untuk mencari tahu apa saja rincian dari kemitraan antara kedua produsen smartphone itu. Karena pada halaman Weibo telah ditemukan sebuah postingan, yang mengungkapkan tentang apa yang dilakukan oleh Xiaomi dan juga Nokia.

Ponsel Nokia Akan Gunakan Prosesor Surge S1 Milik Xiaomi

Nokia Bermitra Dengan Xiaomi, Untuk Gunakan Surge S1
source: technews

Berdasarkan informasi yang bersumber dari orang dalam, dikatakan bahwa Nokia akan menggunakan prosesor Surge S1 pada ponsel mereka yang akan datang. Ponsel terbaru Nokia yang akan menggunakan chipset milik Xiaomi tersebut memang tidak diungkapkan. Tapi kemungkinan, handset itu merupakan ponsel kelas menengah, karena prosesor yang akan digunakan juga tergolong kelas menengah.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa Xiaomi telah meluncurkan chipset buatan mereka sendiri pada tahun ini, yang dikenal dengan nama Surge S1. Prosesor buatan Xiaomi itu, saat ini telah menyokong ponsel Xiaomi Mi 5c. Akan terlihat menyenangkan bila melihat prosesor itu, digunakan pada ponsel pintar dari pabrikan lain. Dalam hal ini, Nokia menjadi salah satu merek smartphone yang cukup ternama.

Kabar baik ini tentu menjadi sebuah berita yang bagus, namun kita harus menunggu pernyataan resmi dari kedua belah pihak. Terkait jalinan kerja sama yang dilakukan oleh Xiaomi dan juga Nokia, yang masih dalam konteks pengembangan smartphone terbaru.

2 Nokia Bermitra Dengan Xiaomi, Untuk Gunakan Surge S1
source: itahora

Surge S1 adalah prosesor pabrikan Xiaomi, yang dibekali prosesor octa core. Dimana 4 x Cortex A53 prosesornya memiliki clock speed mencapai 2.2GHz, dan yang 4 lainnya memiliki kecepatan hingga 1.4GHz. Prosesor ini memiliki inti yang hemat daya, sehingga daya tahan baterainya akan sangat mengesankan. Di lain sisi, prosesor ini juga disokong oleh GPU Mali-T860.

Hasil pengujian yang dilakukan oleh benchmark, menunjukan hasil yang sangat mengagumkan. Hasil uji prosesor tersebut, membuktikan Surge S1 memiliki kinerja yang lebih baik dari Snapdragon 625 milik Qualcomm.