Media Sosial, 5 Negara Ini Melarang Warganya Menggunakan Fasilitas Tersebut

Media sosial memang merupakan salah satu kebutuhan pendamping untuk manusia modern saat ini. Karena hampir semua orang didunia pastinya memiliki akun jejaring sosial tersebut. Selain untuk saling berhubungan dengan kerabat ataupun teman yang berada di tempat jauh. Sosial media juga bisa menjadi pusat penyebaran informasi.

Terbukti dari beberapa informasi yang sering kita dapatkan yang bersumber dari sosial media seperti Facebook, Twitter ataupun Youtube. Informasi tersebut pastinya lebih cepat tersebar dibandingkan melalui media lainnya seperti koran, radio serta televisi.

Di zaman modern seperti sekarang ini rupanya masih ada negara yang melarang warganya menggunakan media sosial. Ada berbagai macam alasan mengapa negara-negara itu melarang warganya menggunakan fasilitas internet tersebut. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

Media Sosial, Dilarang Di 5 Negara Ini !

1. Arab Saudi

Negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam ini, memang menerapkan peraturan terhadap warganya untuk tidak menggunakan sosial media ataupun jejaring sosial. Bukan sekedar melarangnya saja, tapi negara ini juga menentang kehadiran situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Skype dan situs lain yang sejenis.

Dikabarkan pula bahwasanya pihak pemerintah Arab Saudi juga melarang pendudukya mengguna aplikasi chating seperti BBM serta WhatsApp.

2. Korea Utara

Negara yang saat ini berada dibawah pemerintahan Kim Jong Un ini, memang memberlakukan pembatasan akses media terhadap warganya. Terutama akses internet yang di negara ini sangatlah dibatasi, sehingga masyarakatnya tidak bisa mendapat akses internet secara bebas.

Jangankan untuk membuka media sosial, untuk mendapatkan akses internetnya saja warga harus berurusan dengan petugas pemerintah terlebih dahulu. Karena memang di Korea Utara hanya pejabat tertinggi saja yang bisa mendapatkan akses internet secara bebas.

3. Vietnam

Negara yang berada di wilayah Asia Tenggara ini dikabarkan juga membatasi penggunaan media sosial bagi para warga di negaranya. Vietnam melarang warganya untuk berbagi informasi melalui jejaring sosial, ataupun fasilitas lainnya yang terdapat di internet.

Menurut kabar yang beredar pihak pemerintah Vietnam juga akan segera mengeluarkan larangan, perihal penggunaan aplikasi chating seperti Line dan WhatsApp di negaranya.

media-sosial

4. Kongo

Pemerintah Republik Kongo juga memberlakukan larangan perihal penggunaan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Skype dan Youtube. Hal itu mereka lakukan untuk menjaga agar tidak terjadi konflik dalam negeri. Karena seperti kita ketahui bahwa Kongo merupakan salah satu negara di Afrika bagian tengah yang penuh dengan konflik.

Bahkan pemerintah republik ini juga melarang warganya menggunakan aplikasi pesan singkat, atau biasa disebut SMS yang terdapat pada ponsel warganya. Karena dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik lainnya.

5. China

Negara yang biasa di juluki negeri tirai bambu ini, pemerintahnya juga memberlakukan larangan kepada warganya. Agar tidak menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan situs lainnya. Hal ini mereka lakukan agar masyarakat Cina lebih mengutamakan penggunaan situs jejaring lokal seperti Webo dan Tencent.

Terbukti dari pelarangan tersebut, warga serta masyarakat di Cina rata-rata hanya menggunakan dua situs jejaring sosial lokal tersebut. Larangan ini tentunya juga bisa memunculkan kesadaran warganya untuk cinta terhadap produk buatan bangsa sendiri.

Itu tadi 5 negara di dunia yang membatasi penggunaan media sosial bagi warga negaranya. Memang masing-masing negara memiliki alasan tertentu dalam pelarangan menggunakan jejaring sosial tersebut. Seperti di Republik Kongo pelarangan itu digunakan untuk meminimalisir terjadinya konflik dalam negeri.

Tapi tentunya masyarakat juga membutuhkan informasi dari sumber yang kredible. Dan pemerintah juga memiliki kewajiban untuk memberikan informasi tersebut kepada warga negaranya, agar masyarakatnya tidak ketinggalan informasi ataupun gagap teknologi.