Petinggi Lenovo: Moto G5 dan G5 Plus Tidak Akan Dijual di Indonesia

Motorola Moto G5 dan G5 Plus resmi diluncurkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2017, yang diselenggarakan di Barcelona pada penghujung Februari lalu. Kedua smartphone milik Motorola ini masuk dalam kategori entry level, tapi masih berpenampilan premium, dengan balutan logam pada bodinya.

Seiring dengan peluncuran kedua ponsel pintar ini, tentu saja ada pertanyaan yang muncul di benak kita. Kapankah smartphone besutan Motorola itu masuk ke Indonesia?. Sayangnya pertanyaan tersebut tidak mendapatkan jawaban positif dari Petinggi Lenovo di tanah air.

Motorola Moto G5 dan G5 Plus, Tidak Dijual Di Indonesia

Adrie R. Suhadi selaku Country Lead Mobile Business Group Lenovo Indonesia, mengatakan “tidak berencana memasarkan kedua smartphone itu di Tanah Air”. Pernyataan tersebut disampaikannya seusai acara peluncuran Moto M hari ini 22 Maret 2017 di Jakarta.

Petinggi Lenovo itu memberikan alasan mengapa Moto G5 dan juga Moto G5 Plus tidak dijual di Indonesia. Hal itu dikarenakan kedua ponsel itu kurang menarik untuk dijual di Indonesia. Menurutnya pangsa pasar ponsel android di Indonesia, saat ini lebih cenderung mengadopsi produk kelas menengah, yang belakangan mulai melonjak dari segi volume penjualan.

moto g5 dan g5 plus tidak dijual di indonesia

 

Adrie menambahkan, “total pasaran smartphone di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 30 juta unit”. “Dari angka tersebut, 33 persennya merupakan smartphone kelas menengah. Itu berarti pasarnya 10 jutaan unit”. Angka tersebut dia kutip dari firma riset pasar GFK.

Hal itulah yang menjadi alasan Lenovo Indonesia meluncurkan Motorola Moto M di Tanah Air pada hari ini, agar dapat memperkuat lini smartphone kelas menengah. Tapi Ardie menjanjikan Lenovo akan kembali merilis ponsel di Indonesia, setelah Moto M pada tahun ini.

Motorola Moto G5 sendiri sudah dibekali layar 5 inci, dan didukung prosesor Snapdragon 430 octa core 1,4 GHz. Dilengkapi juga dengan RAM 2GB, dua pilihan kapasitas memori yaitu 16GB dan 32GB. Ponsel ini sudah berjalan dengan OS android versi 7.0 Nougat, dibekali juga dengan kamera 16MP dan 5MP, serta baterai 2.800 mAh

Sementara Moto G5 Plus memiliki layar full HD 5.2 inci, diperkuat dengan prosesor Snapdragon 625 octa core 2 GHz. Smartphone ini hadir dengan dua pilihan kapasitas RAM 2GB dan 4GB, serta dua varian ruang penyimpanan 32GB dan 64GB. Motorola G5 Plus juga dilengkapi dengan kamera 12MP dan 5MP, serta baterai 3.000 mAh.