Ternyata Hanya Mitos! Main HP Ketika Ada Petir Itu Berbahaya

Sering kali kita mendengar rumor bahwa main HP ketika ada petir itu berbahaya, karena dikhawatirkan ponsel tersebut akan tersambar petir. Hal ini dikuatkan dengan banyaknya pernyataan dari berbagai sumber yang mengatakan, bahwa petir akan tertarik terhadap logam.

Hujan yang disertai dengan petir sangat sering terjadi belakangan ini, gejala alam tersebut terjadi karena adanya perbedaan potensial awan dan awan lainnya, maupun awan dengan bumi. Kita sering sekali mendengar mitos, bahwa bermain hp saat hujan deras dan petir bisa membahayakan diri kita.

Kita tentu sudah mengetahui, jika petir tertarik dengan benda berbahan dasar logam. Sementara komponen yang terdapat di dalam hp, hampir sebagian besar terbuat dari logam. Hal inilah yang memunculkan pendapat, bahwa petir dapat menyambar perangkat ponsel.

Main HP Ketika Ada Petir Ternyata Mitos

Mitos-Main-HP-Ketika-Ada-Petir-Itu-Berbahaya
source: androidcentral & blogspot

Namun setelah diteliti, ternyata kandungan logam yang terdapat pada hp tidak terlalu signifikan, dan tidak dapat memunculkan daya tarik terhadap petir.

Seorang petugas Cuaca Nasional NOAA yakni John Jensenius mengatakan, bahwa “ponsel, barang logam, serta perhiasan tidak akan menarik petir”. Petir cenderung lebih tertarik pada benda logam yang lebih besar, seperti menara BTS dan benda berbahan logam yang besar lainnya.

John menjelaskan, terkadang beberapa orang berada di tempat yang salah pada waktu yang salah pula. Sebagai contoh, orang sedang berada di dataran tinggi, dan sedang terjadi badai petir di lokasi tersebut. Jika orang itu bermain hp dalam keadaan seperti itu, ada kemungkinan dia akan tersambar petir. Mengingat ponsel memiliki kandungan logam, dan dia sedang berada di tempat yang dekat dengan sambaran petir.

Tapi bila ada benda yang terbuat dari logam dan berukuran lebih besar, maka petir akan lebih tertarik menyambar benda logam yang lebih besar tersebut.

Hal ini juga disampaikan oleh Dr. Mary Ann Cooper dari Universitas Ilinois Chicago. Beliau mengatakan “tidak ada bahaya petir yang melekat pada telpon selular”. Karena petir lebih tertarik pada benda logam yang lebih besar, dibanding ponsel ataupun smartphone.