Masih Pake Google? Sudah Lihat Geevv Belum?

Geevv adalah sebuah startup yang didirikan oleh mahasiswi Universitas Indonesia bernama Azka A. Silmi dan rekannya, Andika Deni Prasetya. Mulai beroperasi sejak tanggal 26 September 2016, mesin pencarian Geevv menghadirkan layanan yang benar-benar mirip Google.

Anda bisa memasukkan berbagai kata kunci (keyword) dan menemukan hasil pencarian yang terkait dengan kata kunci tersebut. Serupa dengan mesin pencari lain, Geevv juga melakukan monetisasi lewat iklan.

mesin-pencarian-geevv

Kamu bisa memberikan sejumlah uang kepada Geevv untuk menampilkan tautan tertentu, yang nantinya bisa dilihat oleh para pengguna yang melakukan pencarian di platform mereka.

Perbedaan Mesin Pencarian Geevv dan Google

Yang membedakan Geevv dengan Google atau mesin pencari lain adalah konsep sosial yang mereka usung. Sebanyak delapan puluh persen dari keuntungan yang mereka dapat akan diberikan kepada beberapa mitra program sosial yang dapat dipercaya. Itulah mengapa mereka menyebut diri sebagai social search engine.

Azka berkata “Saat ini, sudah ada 25 pihak yang meminta iklan mereka dipasang. Namun baru tiga iklan yang benar-benar tayang, itu pun masih orang-orang kenalan dekat,”

Menelusuri Jejak Geevv

Sebenarnya Geevv merupakan sebuah layanan yang membeli Application Programming Interface (API) dari mesin pencari buatan Microsoft, yaitu Bing. Karena itu, apabila anda melakukan sebuah pencarian di Bing dan Geevv, hasilnya akan sama.

mesin-pencarian-geevv

“Membangun indeks dan mesin pencari sendiri tidak mudah dan murah. Setelah menimbang-nimbang, sembari kami menyiapkan “spider” sendiri, pilihan yang murah adalah dengan membeli API dari Bing,” ujar Azka.

Meskipun begitu, Ecosia saat ini telah bekerja sama dengan Bing dalam hal pemasangan iklan. Semua iklan yang mereka pasang berasal dari agen iklan Bing, dan mereka pun mendapatkan sebagian keuntungan dari hasil pemasangan iklan tersebut dan Geevv juga sudah tersedia di Playstore.

Pertanyaan

Lalu apakah ada orang Indonesia yang bisa membuat mesin pencari seperti Google dan Bing? Jawabannya pun tentu ada. Hacker terkenal Indonesia, yaitu Jim Geovedi yang saat ini telah meluncurkan mesin pencari buatannya yang dibernama Belua.

Kesimpulan

Geevv bukanlah mesin pencari seperti Google dan Bing yang benar-benar melakukan pelacakan terhadap seluruh halaman situs di dunia. Mereka pun bukan murni buatan dalam negeri karena hasil pencarian yang mereka tunjukkan berasal dari Bing, yang dibuat di Amerika Serikat.