6 Merek Smartphone Yang Sering Dipalsukan

Tidak bisa dipungkiri bahwa popularitas merek smartphone ternama sering kali mengundang niat buruk dari oknum yang ingin membuat android tiruan atau palsu. Spesifikasi dari hp bajakan seperti itu biasanya tidak seusai dengan aslinya.

Sayangnya smartphone bajakan ini, terkadang lebih laris jika dibanding dengan smartphone yang asli. Sebab harga yang ditawarkan hp tiruan ini jauh lebih murah dibanding produk aslinya. Jadi konsumen mengesampingkan kualitas, dan mementingkan harga murahnya.

Sebenarnya tidak ada masalah bila konsumen lebih memilih hp bajakan, karena kerugiannya akan di tanggung sendiri olehnya. Tapi yang dikhawatirkan adalah, bila konsumen membeli sebuah smartphone dengan merek terkenal, ternyata ponsel yang dibeli adalah tiruan.

Hati-Hati 6 Merek Smartphone Ini Banyak Dipalsukan

Bila konsumen sendiri tidak mengetahui bahwa dia membeli smartphone palsu, secara otomatis hal ini akan menjadi tindak pidana penipuan. Merek-merek smartphone yang sering dipaslukan memang biasanya tergolong merek ternama, sehingga lebih mudah mengambil kepercayaan konsumen.

Agar kita lebih waspada dan terhindar dari kecurangan pedagang seperti itu, kali ini TeknoBos akan memberitahukan beberapa merek hp yang sering dipalsukan. Jadi kita bisa lebih berhati-hati dalam memilih ataupun membeli merek hp android tertentu.

1. Samsung

samsung-merek-smartphone

Smartphone asal pabrikan Korea Selatan ini memang cukup banyak bajakannya, sebab popularitasnya cukup terkenal dikalangan penggila gadget. Hal itulah yang mengundang niat buruk dari pihak yan kurang bertanggung jawab, untuk membuat bajakan atau tiruan dari hp Samsung tersebut.

Anehnya masih banyak konsumen yang sudah tahu kalau itu hp bajakan, tapi masih rela mengeluarkan uang untuk membelinya. Padahal kita semua tahu bahwa smartphone tiruan tidak memiliki garansi, dan komponen di dalamnya juga tidak memenuhi standar dari samsung itu sendiri.

2. Sony

sony-merek-smartphone

Kualitas kamera dari smartphone Sony memang tidak bisa dipandang remeh, sebab teknologi yang diusung sudah cukup mumpuni. Meskipun harga ponsel android ini terbilang mahal, tapi masih banyak konsumen yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Hal inilah yang menjadi penyebab maraknya pemalsuan dari perangkat android merek ini, sebab produsen curang bisa menjualnya dibawah harga pasar. Dan pastinya akan banyak konsumen yang  tertarik, untuk membeli smartphone tiruan dari merek Sony tersebut.

3. iPhone

iphone-merek-smartphone

Semua produk iPhone memang terkenal dengan banderol harganya yang cukup mahal, hal inilah yang menjadi peluang bagi para pembuat smartphone tiruan. Sebab meskipun mahal, produk dari iPhone masih cukup banyak peminatnya.

Mahalnya harga hp iPhone memberikan peluang besar bagi produsen hp bajakan, sebab mereka bisa menjual produknya di bawah harga pasar. Pastinya akan banyak konsumen yang tertarik untuk membeli smartphone palsu itu, dan memberikan keuntungan bagi produsen curang tersebut.

4. Asus

asus-merek-smartphone

Merek ponsel android yang sedang naik daun ini, juga banyak beredar produk tiruannya. Sebab nama besar merek Asus ini sudah cukup banyak diketahui masyarakat, dan peminatnya juga cukup banyak. Sehingga dapat menjadi sasaran empuk bagi oknum yang tidak bertanggung jawab, untuk membajak merek hp ini.

Kita harus teliti ketika ingin membeli smartphone pabrikan Taiwan ini. Karena seperti hp tiruan lainnya, sudah pasti penampilan fisik dari hp palsu tersebut juga mirip dengan produk aslinya. Bila kita tidak memperhatikan perbedaan asli atau palsunya, pastinya akan merberikan kerugian pada kita sendiri, sebab hp bajakan seperti itu tidak memiliki garansi resmi.

5. Xiaomi

xiaomi-merek-smartphone

Vendor android asal Cina yang sedang besar namanya di Indonesia ini, juga tidak luput dari tangan jahil produsen smartphone tiruan. Pasalnya banyak juga beredar di pasaran versi bajakan dari produk Xiaomi ini, yang tentu saja dihargai lebih murah dibanding produk aslinya.

Konsumen harus lebih berhati-hati bila ingin membeli merek smartphone ini, sebab harga dari hp palsu ini tidak berbeda terlalu jauh dengan aslinya. Sementara konsumen tidak bisa mendapatkan garansi, dan akan merugikan pihak konsumen itu sendiri.

6. HTC

htc-merek-smartphone

Produsen ponsel android asal Tiongkok ini, juga menjadi sasaran empuk bagi oknum curang yang membuat tiruan dari produk HTC ini. Sebab popularitas dari merek ini cukup bagus, dan peminatnya juga terbilang cukup banyak.

Jadi konsumen harus lebih jeli bila ingin membeli merek hp ini, karena biasanya tampilan luar dari smartphone tiruan tidak jauh berbeda dengan yang aslinya. Jika tidak teliti dalam memilih, pastinya akan memberikan kerugian pada konsumen, dan justru menghasilkan keuntungan bagi produsen curang tersebut.

Itulah 6 merek smartphone yang sering kali dipalsukan oleh produsen smartphone tiruan. Agar terhindar dari kecurangan oknum tidak bertanggung jawab seperti itu, kita harus lebih berhati-hati serta teliti sebelum membeli salah satu merek hp terkenal di atas.