Ilmuan Kembangkan Smartphone Yang Bisa Perbaiki Layar Sendiri

Perkembangan dalam bidang teknologi yang kian canggih, membuat para pengembang berlomba-lomba menciptakan sebuah perangkat terbaik. Salah satu sistem kecerdasan yang berhasil buat, yakni material menyembuhkan layar smartphone sendiri.

Telah kita ketahui sebelumnya, fungsi smartphone yang serba multiguna membuatnya sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Tentunya, hal ini dapat menjadikan ponsel cerdas mudah sekali rusak terutama pada bagian layar apabila tidak merawatnya dengan baik.

Material Menyembuhkan Layar Smartphone Sendiri

Belakangan ini, telah beredar kabar yang mengejutkan mengenai penemuan tentang material menyembuhkan layar smartphone sendiri.

Para peneliti di Universiy of California, Amerika Serikat. Saat ini, telah berhasil mengembangkan layar yang bisa sembuh sendiri apabila tergores atau retak.

Material bahan yang dimaksud itu sendiri, yakni terbuat dari polimer dan garam ionik yang mampu meregang 50 kali lipat dari ukuran aslinya.

Chao Wang, selaku pemimpin penelitian ini berkata jika dia tertarik mengembangkan bahan tersebut karena terispirasi dari tokoh Wolverine.

material-menyembuhkan-layar-smartphone-sendiri

“Dia bisa menyelamatkan dunia, karena dia bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Bahan yang bisa memulihkan diri, ketika retak atau terpecah akan bisa kembali seperti semula, seperti kulit manusia” -Ujar Wang

Cara kerjanya, yaitu apabila layar smartphone tergores atau retak maka ion dan molekul tersebut akan menarik satu sama lain untuk memperbaiki layar.

Diperkirakan, untuk menyembuhkan layar smartphone yang rusak membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam setara dengan satu hari.

Chao Wang sangat yakin apabila bahan penyembuh layar akan mulai muncul d idunia pada tahun 2020 mendatang nanti.

Lain berita, ternyata juga terdengar kabar apabila para peneliti di UC Barkeley kembangkan teknologi merubah lukisan menjadi sebuah foto.