Kinerja Smartphone Yang Optimal, Beginilah Cara Menjaganya

Sebagai pengguna ponsel pintar yang setiap hari selalu menemani kegiatan kamu, tentu saja kamu mengharapkan kinerja smartphone yang selalu optimal. Kamu juga tidak ingin terjadi kerusakan tehadap smartphone kesayangan kamu itu. Jika kamu memiliki lebih dari satu hp android, mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah.

Tapi bagaimana jika kamu hanya punya satu ponsel android, yang selalu menjadi andalan kamu dalam melakukan segala aktifitas. Tentu kamu akan kebingungan bila terjadi kerusakan pada smartphone kamu tersebut.

Untuk mencegah terjadinya hal yang dapat menurunkan kinerja sebuah smartphone, tentu saja kamu harus melakukan perawatan pada perangkat androidmu itu.

Perawatan Untuk Menjaga Kinerja Smartphone Tetap Optimal

Perawatan ponsel pintar sendiri harus dilakukan secara berkala, untuk meminimalisir hal yang lebih membahayakan kesehatan smartphone. Pembagian perawatan perangkat android sendiri bisa digolongkan menjadi dua bagian yaitu:

Perawatan kinerja smartphone dari luar (hardware)

hardware-kinerja-smartphone

  • Perawatan pada layar hp merupakan bagian paling penting, karena bila layar ponsel tergores akan membuat pandangan dan objek pada layar jadi tidak jelas. Untuk meminimalisir  terjadinya goresan tersebut kamu bisa memberikan perlindungan layar menggunakan kaca anti gores. Jangan lupa juga membersihkan layar menggunakan bahan yang lembut seperti tisu.
  • Perawatan body hp juga tidak kalah pentingnya, karena penampilan yang mulus dari sebuah smartphone pastinya membuat mata kita merasa nyaman saat memandangnya. Untuk menjaga bodi hp tetap mulus kamu bisa memberikan silicon ataupun cover pada bodi ponselmu. Jangan lupa juga membersihkan bodi ponselmu dari kotoran dan debu yang menempel.
  • Perawatan lainnya meliputi pin konektor USB atau charger pada smartphone yang terkadang juga dihinggapi debu, jadi kamu harus memperhatikan kebersihan dari pin konektor tersebut. Janganlah membiasakan diri menggonta ganti SIM card dan memori eksternal, karena hal tersebut bisa membuat lempengan kuningan nya tergores dan membuatnya sulit membaca SIM card ataupun memori eksternal kamu.
  • Perawatan baterai juga menjadi fokus dalam menjaga kinerja smartphone yang optimal, karena baterai berperan sebagai pusat tenaga dari ponsel pintar. Untuk itu janganlah mengoperasikan hp saat sedang di cas, karena daya yang masuk akan terus bertambah besar saat kamu mengoperasikannya. Hal tersebut dapat membuat suhu baterai menjadi semakin panas, dan berbahaya bagi smartphone kamu sendiri.

Perawatan kinerja smartphone dari dalam (software)

software-kinerja-smartphone

  • Manajemen database merupakan salah satu kunci untuk mengoptimalkan kinerja smartphone. Kamu harus mengatur jumlah database SMS, chating serta email. Jangan sampai karena hal tersebut mebuat kerja ponsel pintarmu jadi melambat.
  • Manajemen file, bila memori internal pada hp kamu sudah mendekati batas maksimal, ada baiknya kamu menyortir file mana saja yang kira-kira akan kamu hapus. Karena bukanlah hal baik jika menyimpan terlalu banyak file di dalam smartphone. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi yang secara otomatis menyaring file yang tidak penting, seperti cache untuk kemudian menghapus file tersebut.
  • Backup data, untuk meminimalisir terjadinya kehilangan file penting seperti kontak telepon, history chating atau file lainnya. Kamu bisa membuat cadangan dari file tersebut, agar saat terjadi sesuatu pada ponselmu, data penting milik kamu tidak ikutan hilang.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kinerja smartphone tetap optimal, selain cara diatas kamu juga harus memperhatikan masa penggunaan ponsel tersebut. Karena smartphone juga merupakan perangkat yang butuh istirahat, jadi jangan menggunakan hp andriod sampai 24 jam nonstop.

Berikankanlah ponsel pintar kamu waktu istirahat, agar masa pemakaianya juga bisa bertahan lama. Kamu juga harus memperhatikan dalam pengisian baterai. Gunakanlah kabel dan adaptor asli dari ponsel pintar kamu. Karena bila mengisi daya baterai dengan kabel serta adaptor bajakan, hanya akan membuat baterai kamu panas dan rusak.