Cara Mengunci Dokumen Word Dengan Password

Jika kita memiliki dokumen penting dengan format Ms.Word, ada baiknya agar kita memberikan pengamanan yang lebih baik. Untuk mengamankan file Word kita dari orang iseng, kita bisa mengunci dokumen Word dengan password. Sehingga tidak ada orang yang bisa menyunting file tersebut, kecuali dia mengetahui kombinasi kata kuncinya.

Terkadang kita takut dokumen yang bersifat penting, sembarangan dibuka dan rubah oleh orang lain. Tapi bila kita memberikan password untuk membuka dokumen Word milik kita, tentu saja dokumen itu akan lebih aman. Jadi hanya kita saja yang bisa membuka dan mengedit file berformat Word tersebut.

Mengunci Dokumen Word Dengan Password Agar Tidak Bisa Dibuka

proteksi-mengunci-dokumen-word-dengan-password

Sebenarnya Microsoft sudah menyediakan fitur pengamanan, yang bisa kita terapkan pada file berformat Word. Sehingga tidak sembarang orang bisa membuka file kita, terutama bila dokumen tersebut bersifat penting. Berikut ini langkah-langkah mengunci dokumen Word dengan password.

  1. Buka Microsoft Word
  2. Buka file yang ingin diberikan password
  3. Selanjutnya pilih Menu File > Info > Permissions > Protect Document
  4. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, untuk memberikan password pada dokumen itu, kita bisa memilih opsi Encrypt with password.
  5. Lalu akan muncul kotak dialog, dan kita diminta memasukan kata kunci yang diinginkan.
  6. Untuk mengunci file word dengan kata kunci, kita tinggal memasukan password yang kita inginkan
  7. Sekarang file Microsoft Word kita sudah diberikan password

Saat ini siapapun yang ingin membuka file tersebut, harus memasukan kata kunci yang tadi sudah dibuat. Bila password yang dimasukan salah, maka filenya tidak akan bisa dibuka.

Menghapus password pada dokumen Word

hapus-password-mengunci-dokumen-word-dengan-password

Bila kita ingin menghapus password pada file Word yang tadi sudah kita buat, dan membiarkan orang agar bisa membuka file itu, langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka file Word yang diberikan password tadi
  2. Masukan kata kunci untuk membukanya
  3. Bila filenya sudah terbuka, pilih Menu File > Info > Permissions > Protect Document
  4. Nantinya akan mucul kotak dialog yang berisi kata kunci, kita tinggal menghapus password dokumen Word tersebut, lalu klik Ok
  5. Sekarang file Word itu sudah tidak dilindungi password

Saat ini semua orang bisa dengan leluasa membuka ataupun menyunting file tersebut, tanpa perlu memasukan password terlebih dahulu.

Memproteksi dokumen Word dengan password agar tidak bisa diedit

read-only-mengunci-dokumen-word-dengan-password

Selain memberikan password untuk membuka dokumen dengan format Word, kita juga bisa memproteksi file Word agar tidak bisa disunting sembarang orang.

  1. Pada file yang ingin diproteksi, pilih Menu File > Save As
  2. Nantinya akan muncul kotak dialog, pada bagian bawah klik Tools > General Options
  3. Kemudian kita akan diminta memasukan password yang kita inginkan
  4. Masukan password untuk dokumen Word tersebut
  5. Setelah itu klik Save untuk menyimpan dokumen

Sekarang dokumen Word kita sudah diproteksi dengan password. Jadi ketika kita membuka file itu, kita harus memasukan passwordnya terlebih dahulu. Jika kita tidak mengisikan kolom password, nantinya dokumen tersebut hanya akan bersifat Read Only.

Itulah cara mengunci dokumen Word dengan password, sehingga file-file penting kita aman dari tangan jahil orang-orang iseng. Dan juga cara mengunci file Word agar tidak bisa diedit oleh sembarang orang.