5 Cara Mudah Mengetahui Smartphone Asli Atau Replika

Dewasa ini banyak beredar di pasaran smartphone replika dari beragam merek ternama, yang tentu saja cukup meresahkan kita sebagai konsumen. Sementara untuk mendeteksi smartphone asli atau replika, baru bisa dilakukan bila kita sudah memiliki perangkat tersebut.

Maraknya pembajakan produk ponsel android, dikarenakan tingkat perputaaran uang dibidang penjualan gadget memang sangat menggiurkan. Terlebih pada penjualan smartphone yang sekarang sedang laris-larisnya, karena peminat ponsel pintar memang tidak akan ada habisnya .

Cara Mengetahui Smartphone Asli Atau Replika

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui, apakah hp yang kita beli merupakan produk asli atau palsu. Hal ini perlu diketahui sebelum memilih dan membeli ponsel android, agar kita tidak terjebak dengan membeli hp replika.

Bila kamu masih ragu apakah smartphone kamu asli atau palsu, kamu bisa mengikuti cara yang akan TeknoBos berikan ini. Agar kamu lebih yakin bahwa hp android milikmu, merupakan produk asli dan memiliki garansi resmi.

1. HP replika biasanya harganya jauh lebih murah

harga-smartphone-asli-atau-replika

Berbeda dengan hp asli, smartphone replika biasanya dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan biaya produksi dari hp bajakan tidak semahal ponsel android asli, dan hp android kw dijual secar tidak resmi, jadi tidak perlu bayar pajak.

Jadi kalau kamu ingin beli hp android merek ternama, tapi ditawarkan harga yang lebih murah dari harga pasar, kamu wajib curiga. Karena memang smartphone kw dijual dengan harga murah, tapi kamu tidak akan mendapatkan garansi untuk ponsel yang kamu beli.

2. Bila diteliti, terdapat cacat pada bodinya

bodi-cacat-smartphone-asli-atau-replika

Namanya juga hp kw pasti ada saja cacat pada fisik dari ponsel android tersebut, bila kamu teliti pasti akan terdapat cacat pada bodinya. Hal ini dikernakan proses produksi smartphone palsu tidak memiliki standarisai tertentu, sehingga hasil produksinya jadi asal-asalan.

Ketika kamu ingin membeli hp android dengan merek ternama, coba diperiksa dulu bodinya cacat atau tidak. Sebab bila kamu sudah membelinya dan ternyata ada cacat pada bodi hp-nya, maka kamu tidak akan bisa menukar atau mengembalikan produk itu.

3. Cek nomor IMEI smartphone kamu

imei-smartphone-asli-atau-replika

Cara yang paling pasti untuk memeriksa smartphone yang kamu beli asli atau replika, kamu bisa memeriksa nomor IMEI-nya. Periksalah apakah nomor IMEI yang terdapat pada kardus, sesuai dengan nomor IMEI yang terdapat di dalam sistem ponsel.

Kamu bisa memeriksanya dengan mengakses tombol *#06#, nanti akan muncul nomor seri pada layar ponselmu. Maka cocokanlah nomor tersebut dengan nomor yang terdapat di kardus hp kamu tersebut.

4. Kualitas kamera tidak bisa bohong

kamera-smartphone-asli-atau-replika

Ketika kamu membeli smartphone flagship dengan harga murah, dan dikatakan produk yang kamu beli itu asli. Kamu bisa membuktikan keasliannya dengan membuka fitur kamera, karena resolusi kamera tidak akan membohongi kamu.

Bila dikatakan hp flagship kamu asli, tapi hasil jepretan kameranya masih banyak noise, berarti kamu sudah membeli hp replika. Cara ini cukup ampuh untuk mengetahui smartphone asli atau palsu.

5. Gunakan aplikasi untuk melihat spesifikasi hp kamu

cpuz-smartphone-asli-atau-replika

Cara yang terakhir untuk mengenali smartphone asli atau palsu, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti AnTuTu Benchmark atau CPU-Z. Kamu bisa mencocokan hasil pengujian dari aplikasi itu dengan spesifikasi yang bisa kamu temukan di Internet.

Jika ternyata spesifikasi yang ditampilkan aplikasi tersebut, berbeda dengan hasil review yang bisa kamu temukan di internet. Dapat dipastikan kamu sudah membeli smartphone replika alias bajakan.

Itulah 5 cara yang bisa digunakan untuk mengetahui smartphone asli atau replika. Sehingga kita bisa terhindar dari kecurangan para produsen hp yang licik, dengan membuat tiruan dari ponsel android yang memiliki merek ternama.