Mengenal Media Penyimpanan Cloud

Mari kita mengenal media penyimpanan Cloud, yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file secara aman. Saat ini media penyimpanan semacam itu banyak digunakan masyarakat, untuk menyimpan file penting mereka. Karena file yang kita simpan di Cloud, tidak akan pernah rusak ataupun hilang, kecuali server Cloud-nya sudah tidak beroperasi lagi.

Dahulu bila kita ingin menyimpan file, biasanya kita menggunakan CD, flashdisk, ataupun memori eksternal. Namun saat ini media penyimpanan fisik seperti itu sudah banyak ditinggalkan, karena banyak orang lebih suka menggunakan media penyimpanan berbasis Cloud.

Adapun alasan mengapa mereka lebih memilih Cloud, sebagai media penyimpanan file mereka adalah, file yang disimpan, dan media penyimpanannya tidak mudah rusak. Sementara media penyimpanan fisik sangat rentan rusak, ataupun hilang. Berbeda dengan media penyimpanan Cloud yang tidak akan pernah hilang, kecuali server Cloud tersebut ditutup.

Mengenal Media Penyimpanan Cloud

mengenal-media-penyimpanan-cloud
source: freepick

Apa itu media penyimpanan Cloud? Dan apa fungsi penyimpanan Cloud? Media penyimpanan Cloud adalah suatu media penyimpanan file berbasis online, yang nantinya file-file tersebut akan disimpan ke dalam sebuah server.

Media penyimpanan virtual ini, biasanya menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Melebihi kapasitas CD, flashdisk, ataupun memori eksternal yang ada saat ini. Sebenarnya sekarang kita bisa menggunakan hardisk eksternal untuk menyimpan file, tapi tetap saja rentan terhadap kerusakan.

Sementara penyimpanan berbasis Cloud tidak akan rusak, selama server penyimpanannya baik-baik saja. Selain itu, file yang disimpan di Cloud juga tidak akan pernah rusak ataupun corupt. Berbeda dengan media penyimpanan fisik, apabila terjadi masalah dengan perangkatnya, maka bisa berdampak kerusakan pada file di dalamnya.

Jenis-jenis media penyimpanan Cloud

jenis-jenis-media-penyimpanan-cloud
source: financeassists

Jika dilihat dari segi penggunaannya, media penyimpanan data berbasis Cloud dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu:

Personal Cloud Storage

Media penyimpanan ini digunakan secara personal atau perorangan, gunanya untuk memback-up file yang dimiliki seseorang, baik itu dari komputer ataupun smartphone. Pada ponsel android, fitur ini dihadirkan untuk mencadangkan file berupa foto, video, ataupun dokumen lainnya.

Public Cloud Storage

Media penyimpanan Cloud jenis ini, biasanya digunakan oleh perusahaan, untuk menyimpan data-data mereka yang tidak terstruktur. Mereka menyewa jasa penyedia media penyimpanan berbasis Cloud, untuk mengorganisir seluruh data yang dimiliki perusahaan tersebut.

Private Cloud Storage

Seperti namanya, biasanya jenis penyimpanan Cloud ini digunakan oleh perusahaan yang menginginkan tingkat kemanan lebih tinggi untuk data-data miliknya. Selain itu, jenis penyimpanan Private Cloud biasanya juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding jenis penyimpanan Cloud lainnya.

Hybrid Cloud Storage

Penyimpanan Hybrid Cloud adalah gabungan dari Public Cloud dan Private Cloud. Data yang disimpan pada jenis penyimpanan Cloud ini, akan dibagi menjadi dua jenis, berdasarkan penting atau tidaknya data tersebut. Nantinya data yang bersifat penting akan disimpan ke dalam penyimpanan Private Cloud, sementara yang tidak penting disimpan di penyimpanan Public Cloud.

Layanan media penyimpanan Cloud gratis

layanan-media-penyimpanan-cloud-gratis
source: dazeinfo

Ada bebera layanan penyimpanan berbasis Cloud yang dapat kita manfaatkan secara gratis. Tapi jika ingin menambah kapasitas ruang penyimpanannya, kita bisa membayar sesuai ketentuan penyedia jasa.

Layanan penyimpanan Cloud yang bisa kita gunakan secara gratis antara lain:

  • Dropbox: Layanan yang disediakan Dropbox ini, memberikan kita ruang penyimpanan Cloud gratis, dengan kapasitas penyimpanan hingga 2GB. Bila kita ingin menambahkan kapasitas penyimpanannya, kita bisa membayar biaya berlangganannya.
  • Google Drive: Layanan Cloud yang disediakan oleh Google ini juga bisa kita gunakan secara gratis, kita akan diberikan ruang sebesar 15GB. Tapi kita harus membayar, bila ingin menambah kapasitas ruang penyimpanan Cloud tersebut.
  • OneDrive: Media penyimpanan Cloud ini disediakan oleh Microsoft, pada sistem operasi Windows terbaru seperti Windows 7, 8 dan 10. Namun kita harus memiliki akun Microsoft untuk bisa menggunakan layanan penyimpanan Cloud ini.

Itulah beberapa penjelasan tentang mengenal media penyimpanan Cloud. Saat ini menyimpan file atau data di Cloud memang lebih aman, karena file yang kita simpan bisa terhindar dari kerusakan ataupun corupt.

Bila kita menggunakan ponsel android dengan memori internal kecil, lebih baik kita memback-up file ke cloud, agar bisa memaksimalkan memori internal yang kecil.