Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat

164

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bagi kamu pengguna flashdisk, pasti kamu pernah mengalami kasus di mana flashdisk tidak bisa diformat. Kasus ini merupakan kasus yang sering terjadi pada pengguna flashdisk. Hal ini menjadi masalah jika kamu harus melakukan format pada flashdisk karena alasan tertentu. Sebagai contoh adalah flashdisk harus diformat karena adanya virus. Tentu akan sangat bermasalah jika kamu harus format namun ternyata system tidak berjalan.

Namun kamu tidak perlu khawatir akan masalah tersebut karena ada jalan keluarnya. Beberapa cara bisa kamu lakukan memang, seperti mencobanya dengan manual melalui file direktori ataupun Run CMD. Sayangnya, dalam beberapa kasus banyak yang tidak bisa diatasi dengan cara seperti itu. Hal ini dikarenakan oleh banyak hal. Salah satunya adalah system file yang rusak. Nah, jika seperti ini bagaimana menghadapinya? Jangan khawatir, kamu masih bisa mencoba cara yang akan dibahas di bawah ini.

Mengatasi flashdisk tidak bisa diformat

Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat - Tips

Cara mengatasi flashdisk tidak bisa diformat adalah menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi ini bernama HP USB Disk Storage Format Tool. Sesuai namanya, aplikasi ini memang dirancang untuk mempermudah proses formatting.

Silahkan kamu download aplikasinya terlebih dahulu. Beruntungnya, ukuran aplikasi ini sangat kecil. Sementara menunggu proses download selesai, kamu bisa sambil mencolokkan flashdisk ke port USB yang ada.

Setelah selesai, buka file aplikasi tersebut dalam folder. Klik kanan dan pilih menu Run as administrator. Setelah terbuka, maka pilihlah device yang akan kamu format. Biasanya akan otomatis muncul nama flashdisk jika kamu hanya mencolokkan satu flashdisk saja.

Setelah itu, pilih FAT32 pada menu File System yang berada di bawahnya serta isi nama pada Volume Label. Kemudian centang Quick Format dan klik Start. Jika muncul peringatan, kamu hanya tinggal klik Yes.

Tunggu hingga prosesnya selesai dan kamu akan melihat flashdisk kamu berhasil diformat. Artinya, flashdisk kamu kini menjadi seperti baru lagi dan bersih dari file yang merusak.

Kamu bisa melakukan hal yang sama jika suatu saat ingin melakukan formatting pada flashdisk. Kini, kamu tidak perlu bingung lagi jika mendapati flashdisk tidak bisa diformat ketika kamu membutuhkannya.

Baca juga artikel terkait tips hardware lainnya.