Pencurian Data Pada Ponsel Android, Inilah Cara Mencegahnya

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi saat ini. Tentu saja tindak kejahatan juga semakin mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Banyaknya pengguna smartphone saat ini membuat, para pelaku kejahatan di dunia maya semakin leluasa dalam beraksi. Seperti halnya pencurian data yang mengincar ponsel android kalian.

Memang aktifitas yang dilakukan terlihat biasa saja. Namun bisa membawa dampak berbahaya bagi keamaan data pada hp android kamu. Sebab bila seorang hacker berhasil masuk dalam sistem android kamu. Maka dia akan bebas mengintip atau bahkan mencuri data pada perangkat pintarmu itu.

Yang paling berbahaya dari tindak kejahatan pencurian informasi seperti ini adalah. Apabila si pelaku kejahatan mendapatkan informasi finansialmu atau bahkan rekening tabungan kamu. Untuk mencegah terjadinya pencurian data seperti itu. Ada baiknya bagi kamu para pengguna smartphone untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

Pencurian Data Dapat Dicegah Dengan Cara Berikut Ini

Ada banyak cara untuk mencegah terjadinya pencurian informasi seperti itu. Tapi dibutuhkan kesadaran dari pengguna sendiri, dalam meminimalisir tindak pencurian tersebut.

1.Rajin Update Antivirus

pencurian-data-antivirus

 

Satu hal sepele tapi sangat berpengaruh bagi keamaan ponsel android kamu. Sebagai pengguna smartphone yang aktif tentu saja kamu juga harus memperhatikan tingkat keamanan perangkat pintar milikimu itu. Rajin-rajinlah mengupdate database antivirus kamu, untuk mencegah masuknya file-file asing yang berbahaya bagi keamanan datamu.

Mengupdate database antivirus juga bisa meminimalisir kerusakan file yang disebabkan oleh serangan virus terhadap sistem androidmu. Jadi jangan ragu untuk memasang aplikasi antivirus pada ponselmu. Sebab manfaat yang bisa kamu dapatakan sangatlah banyak.

2.Memasang aplikasi untuk mencegah pencuraian informasi

pencurian-data-aplikasi

Selain menggunakan antivirus yang up to date, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pengaman atau yang sejenisnya. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store baik secara gratis ataupun berbayar. Karena aplikasi semacam ini bisa mengenali aplikasi lain, yang berpotensi merusak atau mencuri data dari smartphone kamu.

Aplikasi tersebut akan berjalan dan mengenali bagaimana perlakuan aplikasi lainnya terhadap data pribadi kamu, sehingga bisa mencegah aplikasi berbahaya yang ingin mencuri data pribadimu.

3. Unduhlah aplikasi hanya dari Play Store

pencurian-data-play-store

Aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas asal usulnya, tentu saja sangat riskan untuk dipasang pada perangkat android. Karena tidak ada yang menjamin keaslian serta keamanan aplikasi tersebut. Jadi sebaiknya bila kamu mengunduh aplikasi sebaiknya yang bersumber dari Play Store saja.

Sebab pihak Google sendiri sudah menjamin keamaan serta keaslian dari aplikasi android yang mereka sediakan. Jadi pengguna tidak perlu khawatir aplikasi yang diunduh tidak akan terjangkit virus ataupun malware.

4.Jangan menyimpan data sensitif di dalam smartphone

pencurian-data-financial

Adapun cara berikutnya dalam mencegah terjadinya pencurian terhadap data pada ponsel androidmu adalah, jangan menyimpan data yang berbau sensitif seperti PIN ATM, data kartu kredit ataupun data finansial sejenisnya. Kamu juga harus menghindari menyimpan foto-foto yang berbau fulgar pada hp androidmu.

Karena apabila kesemua data dan informasi tersebut sampai didapatkan oleh pelaku kejahatan cyber, maka akan sangat merugikan diri kamu sendiri.

5. Jangan menggunakan Wifi umum, terutama untuk transaksi finansial

pencurian-data-free-wifi

Wifi gratis ditempat umum memang sangat menggiurkan, apa lagi kalau kualitas jaringannya cukup bagus. Tentu banyak orang akan berebut untuk menggunakan fasilitas umum tersebut. Tapi kamu harus bijak dalam menggunakan wifi gratisan seperti itu.

Sebab jaringan wifi terbuka seperti itu, bisa menjadi jalan masuk bagi hacker untuk menginstal malware pada ponsel kamu. Sehingga mereka bisa mencuri data dari perangkat androidmu, tanpa kamu ketahui sama sekali. Oleh karena itu jangan pernah menggunakan wifi umum terbuka untuk melakukan transaksi finansial.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya pencurian terhadap data pada smartphone kamu. Berhati hatilah dalam menggunakan jaringan internet, karena tidak semua orang di dunia maya adalah orang yang baik dan dapat dipercaya.