Memori Internal Smartphone Kecil? Ini Cara Memaksimalkannya

Memori internal smartphone terlalu kecil memang terkadang menyulitkan penggunanya, karena aktifitas yang dilakukan jadi terganggu. Hp android yang memiliki memori internal kecil, biasanya kinerjanya jadi lemot bila kita menyimpan banyak data di dalamnya. Terlebih lagi bila kita ingin melakukan kegiatan multitasking, bisa-bisa smartphone tersebut hang.

Memang sangat menjengkelkan bila kita mengalami hal tersebut, tapi bila kita belum memiliki dana lebih untuk upgrade smartphone, terpaksa kita harus sabar menggunakan hp itu. Untuk itu TeknoBos kali ini akan memberikan tips ringan, agar hp android dengan memori internal kecil tetap bisa bekerja secara optimal.

Memaksimalkan Memori Internal Smartphone

Sebenarnya ponsel android dengan ruang penyimpanan kecil masih bisa bekerja secara optimal, semua tergantung dari cara menggunakannya. Karena biasanya pengguna smartphone hanya tahu cara memakai saja, tidak mengerti cara merawat jeroan hp androidnya. Berikut tips untuk megoptimalkan kinerja ponsel yang dibekali memori internal kecil:

1. Jangan menginstal game berat

game-berat-memori-internal-smartphone

Bila kamu menggunakan smartphoe yang memiliki ruang penyimpanan kecil, pastikan kamu tidak mendownload game berat. Karena percuma saja saat kamu mainkan akan sering terjadi lag, sebab memori internal yang dimiliki ponsel itu terlalu kecil untuk memainkan game berat. Game yang cukup berat juga memakan banyak memori penyimpanan, dan akan memperlambat kinerja ponselmmu.

2. Perkecil resolusi foto pada kamera

resolusi-foto-memori-internal-smartphone

Untuk menjaga kapsitas memori internal hp kamu tetap aman, kamu bisa mengakalinya dengan memperkecil resolusi foto pada kameranya. Karena resolusi foto yang besar akan menghasilkan ukuran foto yang besar pula, jadi lebih baik perkecil saja resolusi fotonya. Tapi jika kamu ingin menghasilkan foto yang bagus, kamu harus mengambilnya dari jarak yang lebih dekat.

3. Turunkan resolusi pengambilan video

resolusi-video-memori-internal-smartphone

Tidak hanya foto, tetapi resolusi saat pengambilan video juga harus kamu turunkan, agar tidak terlalu banyak memakan memori internal. Sebab besarnya resolusi video juga membuat ukurannya semakin besar. Jadi untuk menjaga kapasitas ruang penyimpanan hp tetap aman, lebih baik kamu turunkan resolusi perekaman videonya.

4. Tidak perlu menyimpan file musik terlalu banyak

menyimpan-file-musik-memori-internal-smartphone

Bila memori internal smartpone kamu tidak terlalu besar, lebih baik jangan menyimpan file musik terlalu banyak. Karena belum tentu lagu-lagu itu kamu dengarkan semua setiap harinya, atau kamu bisa memanfaatkan memori eksternal untuk menyimpan file musik tersebut.

5. Bersihkan junk file serta cache secara berkala

cache-junk-file-memori-internal-smartphone

Tanpa kamu sadari setiap kali kamu membuka aplikasi pada smartphone milikmu, kesemua aplikasi itu akan meninggalkan file cache dan junk file. Terkadang file sampah seperti itu memakan cukup banyak ruang penyimpanan, sehingga dapat menghabiskan kapasitas memori internal hp kamu.

6. Gunakan ruang penyimpanan berbasis cloud

cloud-storage-memori-internal-smartphone

Saat ini banyak smartphone sudah disediakan ruang penyimpanan berbasis cloud. Agar memori internal hp kamu tidak cepat habis, kamu bisa memanfaatkan ruang penyimpanan online tersebut. Karena  ruang penyimpanan itu memberikan jaminan keamanan yang cukup bagus, jadi kamu tidak perlu khawatir file kamu rusak atau hilang.

7. Nonaktifkan Auto-Download media pada aplikasi WhatsApp

Auto-Download-wa-memori-internal-smartphone

Jika kamu memiliki smartphone dengan memori internal berkapasitas tidak terlalu besar, pastikan fitur auto download media pada aplikasi WhatsApp kamu nonaktifkan. Agar saat temanmu mengirimkan gambar atau video tidak langsung masuk ke memori hp kamu. Serta jangan lupa menghapus file itu melalui file manager, bila dirasa file tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi.

8. Backup chat dan media WhatsApp ke Google Drive

chat-backup-wa-memori-internal-smartphone

Bila kamu merasa ingin tetap menyimpan history chatting dan file media yang dikirimkan temanmu melalui WhatsApp, coba kamu backup kesemuanya ke Google Drive. Selain meringankan beban ruang penyimpanan hp kamu, pastinya membuat history chatting dan file media itu tetap aman.

9. Jangan menyimpan video pada smartphone

menyimpan-file-video-memori-internal-smartphone

Jika memori internal hp kamu kecil, pastikan tidak meyimpan file video pada ponselmu itu. Karena selain membuang-buang kapasitas memori, pasti nya kamu juga tidak selalu menonton video tersebut. Sebab ukuran file video terbilang cukup besar, dibanding file musik yang hanya beberapa megabyte saja.

android lemot
Baca juga:
HP Android Lemot? Ikuti Cara Ini Untuk Mengatasinya

Itulah beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan, untuk mengoptimalkan kinerja smartphone dengan memori internal kecil. Rajin-rajinlah untuk melakukan manajemen junk file dan cache pada ponsel android kamu, agar memori internal smartphone kamu tetap berfungsi secara optimal.